Tipografi

Pengertian tipografi dalam dunia desain grafis memliki banyak arti. Yang dimana setiap orang mengartikan atau menerjemahkannya berbeda beda. Tetapi pada intinya hampir sama semua.

Dalam desain grafis, tipografi juga memiliki peran penting. Karena dengan ilmu tipografi akan dengan mudah menambah nilai seni dalam sebuah desain.

Pada dasarnya tipografi adalah sebuah ilmu yang memilah dan menata huruf pada penempatan tertentu yang bertujuan untuk menambah nilai estetika.

Tapi ada arti atau terjemahan lain dari tipografi. Oleh sebab itu pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian tipografi dalam dunai desain grafis.

Pengertian Tipografi

Sesuai yang saya katakan tadi bahwa tipografi memiliki banyak arti. Yang dimana setiap pengertian tersebut didasari oleh pemahaman perorangan. Yang pada dasarnya mengarah pada penyusunan sebuah huruf.  Tipografi adalah seni dan teknik menyusun huruf, kata, kalimat, paragraf pada sebuah ruang yang sudah tersedia sehingga menghasilkan kesan tertentu yang walaupun disusun tidak seperti tulisan biasanya namun dapat dengan mudah dimengerti dan dibaca. 

Pada dasarnyai itulah pengertian tipografi yang dapat dengan mudah dipahami. Menurut para ahli pun banyak penjelasan dan juga opini mengenai tipografi sendiri. Tapi pada dasarnya semua menunjuk hal yang sama. 

Dalam dunia desain grafis sendiri tipografi merupakan hal yang sangat harus dipahami, dan juga dikuasi. Karena dengan menggunakan teknik tipografi, sebuah desain akan lebih terlihat profesional dan lebih menambah nilai estetika. 

Hingga saat ini banyak macam macam dan juga contoh contoh desain grafis tipografi yang sudah dibuat oleh banyak orang yang tersebar di berbagai macam media. Yang semuanya mempunyai maksud dan tujuan dibuatnya. 

Sejarah tipografi pun juga memiliki perjalanan yang panjang yang dimana dimulai ketika bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux menggunakan bahasa piktogram. Mungkin tidak perlu saya bahas lebih lagi mengenai sejarah tipografi karena pada artikel ini hanya ingin fokus mengenai pengertian. Mungkin bisa saya bahas di artikel lainnya yang bisa fokus pada sejarahnya. 

Fungsi dan Kegunaan Tipografi

Fungsi serta kegunaan tipografi dalam desain grafis sangatlah beragam. Dengan banyak nya fungsi tersebutlah, tipografi sering digunakan dalam berbagai desain.

Baik itu desain hanya dengan menggunakan tipografi atau mengkombinasikan dengan tipe atau jenis desain grafis lainnya.  

Perlu anda ketahui, bahwasannya tipografi termasuk kedalam salah satu kesenian yang unik. Yang dimana tipografi tidak hanya sekedar huruf atau tulisan yang disusun. Namun ada unsur seni dalam tipografi yang tergolong unik dan memiliki nilai estetika.

Sebenarnya apa sih fungsi dari topografi itu sendiri ? mungkin ada dari para pembaca yang penasaran akan hal tersebut.

Sudah saya katakan di atas bahwasannya tipografi memiliki nilai seni yang berbeda dan juga nilai estetika. Dalam kesenian atau ketika membuat desain, tipografi merupakan salah satu hal yang paling sering digunakan.

Tapi pada dasarnya fungsi yang paling mendasar dari tipografi adalah untuk menyusun sebuah kata ataupun kalimat agar mudah dipahami dan dibaca walaupun disusun dengan cara yang berbeda.   

Banyak sekali contoh contoh desain atau karya tipografi yang dimana semuanya mempermainkan atau berkreatifitas dengan tulisan. Walaupun itu terlihat simpel atau mudah, namun faktanya lumayan merumitkan. 

Dengan mempertimbangankan banyak hal dan unsurlah tipografi akan menjadi sebuah karya seni yang baik dan juga terlihat profesional.

Dengan begitu, untuk fungsi yang paling mendasar sudah saya sebutkan diatas. Kemudian, apakah ada fungsi lainnya ? Berikut fungsi tipografi lainnya:

Membuat teks atau tulisan lebih memiliki nilai seni

Ketika kita menggunakan tipografi dalam sebuah desain atau karya seni yang memiliki unsur tulisan. Maka tulisan tersebut lebih terlihat seninya dari pada yang hanya polosan.

Membuat teks lebih mudah dipahami dan dimengerti

Walaupun mungkin tipografi terlihat sangat rumit, tapi nyatanya dengan menggunakan tipografi tulisan akan terlihat lebih mudah dipahami dan dimengerti. Dan terkadang ada juga yang memberikan pesan tertentu dengan menggunakan tipografi, entah itu dari bentuk atau lainnya. 

Membuat teks lebih memiliki nilai estetika

Mungkin ada yang beranggapan dengan menggunakan tipografi pada teks maka nilai estetikanya akan berkurang. Namun kenyataannya malah sebaliknya, nilai estetika dalam tipografi akan semakin meningkat. Semakin kreatif dan mahir seseorang dalam berkreatifitas untuk membentuk sebuah kreatifitas, maka nilai estetika nya semakin meningkat.

Membuat teks lebih menarik untuk dibaca

Dengan menggunakan tipografi dalam sebuah tulisan atau teks, maka tulisan tersebut akan terlihat menarik untuk dibaca. Maka dari itu jika ada dua tulisan, yang dimana tulisan pertama hanya dengan menggunakan tulisan biasa tanpa menggunakan seni tipografi dan tulisan kedua menggunakan tulisan dengan seni tipografi. Maka tulisan kedualah yang akan pertama kali orang baca. Itulah mengapa dengan tipografi tulisan lebih menarik untuk dibaca. 

Meningkatkan rasa penasaran pada pembaca

Tidak beda dengan poin yang diatas, dengan tipografi akan meningkatkan rasa penasaran pada pembaca. Kenapa ? Karena jika dibandingkan dengan tulisan biasa, tulisan tipografi lebih bikin penasaran untuk dibaca. Pada poin diatas juga sudah saya kasih perumpamaannya. 

Menambah kenyamanan ketika membaca

Ketika  membaca sesuatu entah itu dalam media cetak maupun digital, terkadang kita merasa tidak nyaman dengan tulisan tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan kenyamanan berkurang, salah satunya bentuk tulisan itu sendiri.

Dengan tipografi, maka akan meningkatkan kenyamanan membaca seseorang. Karena dengan tipografi pembaca tidak merasakan kebosanan ketika membaca.

Fungsi dan kegunaan tipografi sangatlah beragam, dan manfaatnya pun juga banyak. Tidak hanya sebatas tulisan yang unik namun ada faktor faktor lain yang menambah nilai tersendiri.

Dengan adanya tipografi maka tulisan akan terlihat berbeda dengan yang lain yang tidak menggunakan tulisan tipografi.   

Oleh sebab itu ada baiknya setiap orang atau bagi anda yang ingin menekuni dunia desain grafis atau kesenian, mulailah belajar mengenai teknik tipografi ini.

Karena saya yakin ini akan bermanfaat untuk kedepannya.   


Itulah tadi pembahasan mengenai tipografi yang pada intinya hanya menjerumus pada penyusuanan sebuah kata atau huruf yang dimana akan menjadi tidak seperti biasanya yang menimbulkan nilai estetika tapi tetap dapat dibaca.

Mungkin itu yang bisa saya bahas pada artikel ini mengenai tipografi dalam dunia desain grafis.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya yang tidak kalah menarik dan juga memiliki banyak manfaat lainnya.  

Terima Kasih

Tinggalkan komentar