Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Software Desain Grafis

3 min read

macam macam software desain grafis

Salah satu hal yang harus dimiliki ketika ingin membuat sebuah desain grafis yakni software atau perangkat lunak. Tanpa adanya software, maka pembuatan karya seni desain digital tidak dapat dilakukan.

Software desain grafis sendiri memiliki beragam jenis dan juga kegunaan. Selain itu, ada dua tipe software yang membedakan. Tipe pertama yakni berbayar, yang kedua gratis alias tanpa membayar siapa saja dapat menggunakan.

Perbedaan yang berbayar dan gratis pastinya ada. Rata rata yang berbayar lebih unggul dan memliki fitur yang sangat mendukung untuk pembuatan desain.

Pada dasarnya pada dunia deseain grafis, software untuk mengolah desain dibagi menjadi dua jenis, Ada aplikasi yang berfungsi untuk mengolah gambar berbasis bitmap dan ada juga yang befungsi untuk mengolah gambar berbasis vektor.

Jika anda yang masih duduk dibangku sekolah atau yang sering berkecipung di dunia perdesainan, pasti sering kali mendapatkan pertanyaan yang menanyakan tentang macam macam software desain grafis beserta fungsinya.

Oleh karna itu, alangkah baiknya anda memahami dan mengetahui berbagai macam software desain grafis yang ada, baik itu berbayar (pro) maupunya yang gratisan (free)

Tidak hanya satu perusahaan saja yang mengeluarkan atau membuat aplikasi untuk mengolah desain. Tetapi tidak semua software digunakan oleh masyarakat. Pasti setiap orang memiliki aplikasi yang disukai dan juga di angap mudah digunakan.

Dalam artikel sebelumnya penulis sudah menulis artikel mengenai ” Pengertian desain grafis “. Setelah mengenal apa itu desain grafis ada baiknya kita mengenal perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah desain.

Di artikel ini software yang akan saya bahas hanya yang digunakan pada perangkat komputer dan laptop.

Macam macam software desain grafis

Sesuai dengan kalimat pembuka artikel ini bahwasannya aplikasi atau software desain grafis sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya ada aplikasi desain grafis berbasis vektor dan juga software desain grafis berbasis bitmap.

Tapi di artikel kali tidak akan dibagimenjadi kedua jenis tersebut, namun lebih menuju software apa saja yang sering di gunakan, baik pemula maupun para ahli desain grafis.

Dan software yang akan saya jabarkan termasuk yang sangat mudah digunakan dan dipelajari. Dengan berbagai tools yang sangat mendukung untuk pembuatan desain, software dibawah ini menjadi software yang direkomendasikan banyak orang ataupun website.

Berikut ini, macam macam software desain grafis:

Software Corel Draw

Software yang pertama yaitu Corel Draw. Aplikasi ini termasuk yang sering digunakan untuk membuat desain.

Pengertian secara umum Corel Draw adalah sebuah software atau program komputer yang melakukan editing pada garis vektor.

Program ini pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan software yang bernama Corel yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada.

tampilan software corel draw
macam macam sfotware desain grafis yang sering digunakan untuk membuat desain

Corel Draw memiliki fungsi dan kegunaan yang paling utama untuk mengolah gambar, oleh karna itu sering kali digunakan untuk pekerjaan dalam bidang desain , publikasi, ataupun percetakaan dan juga pekerjaan lainnya yang membutuhkan proses visualisasi.

Software ini di Indonesia termasuk yang sering digunakan untuk membuat atau mengolah gambar grafis. Mungkin bisa dibilang memilik pengguna paling banyak dari pada software yang lainnya.

Dengan fitur yang sangat mudah digunakan dan juga sangat mendukung untuk mengedit gambar, software ini sangatlah populer dikalangan desainer baik dalam negri maupun luar negeri. 

Dengan software Corel Draw ini pembaca dapat membuat berbagai macam desain di antaranya :

  • Logo
  • WPAP ( Wedha’s Pop Art Potrait)
  • Banner
  • Kaos
  • Vektor wajah

Dan lain sebagainya. Masih banyak macam macam desain grafis dan juga jenisnya yang dapat di buat dengan menggunakan Corel Draw.

Software ini pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya, untuk pembahasannya akan di bahas di artikel lainnya agar tidak terlalu panjang artikel ini.

Software Adobe Photoshop

Photoshop adalah sebuah perangkat lunak yang sering digunakan untuk meng edit sebuah gambar ataupun foto.

Software kedua ini sebenarnya sering digunakan untuk edit foto tapi selain itu juga berfungsi untuk membuat beberapa jenis desain grafis. 

Dengan aplikasi ini, pembaca dapat membuat sebuah desain yang terlihat profesional dan lebih terlihat elegant.

tampilan software photoshop
tampilan software photoshop

Photoshop memiliki berbagai tool dan efek yang sangat lengkap, oleh sebab itu dengan menggunakan software ini anda menghasilkan gambar atau foto yang memiliki kualitas sangat tinggi.

Tidak beda jauh dari Corel Draw, dengan software ini pembaca dapat membuat berbagai desain tapi menurut penulis aplikasi ini lebih cocok untuk edditing foto.

Software Adobe Indesign 

Memang tidak dapat dipungkiri perusahaan software Adobe System merupakan salah satu perusahaan yang perkembangannya sangat pesat dan memiliki berbagai macam aplikasi yang sangat membantu sekali dalam mengatasi sebuah masalah, salah satunya Adobe Indesign.

tampilan software indesign
tampilan software indesign

Adobe Indesign merupakan salah satu software desain grafis yang sering kali digunakan oleh para desainer baik lokal maupun international.

Dari namanya sudah jelas jika aplikasi ini merupakan aplikasi untuk membuat desain. Desain yang dapat dibuat diantaranya brosur, poseter, cover, majalah, buku, dan masih banyak lainnya.

Berbagai macan desain yang dapat dibuat dengan software ini, tapi di Indonesia sendiri Adobe Indesign sering digunakan untuk membuat sebuah layout koran dan majalah.

Software Adobe Illustrator

Masih sama dengan Adobe Indesign sfotware ini dibuat oleh perusahaan yang sama namun memiliki fitur yang berbeda.

Adobe Illustrator sendiri termasuk salah satu program perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat berbagai macam desain grafis. 

tampilan software illustrator
tampilan software illustrator

Software Adobe Illustrator sering sekali digunakan oleh para desainer karna dengan fitur yang lengkap dan sangat mudah digunakan.

Dengan aplikasi ini pembaca dapat membuat berbagai desain yang sangat berkualitas, apa lagi dalam hasil warna yang sangat pas.

Pengalaman penulis, sebagian besar freelancer desain grafis lebih sering menggunakan software ini di karenakan kebanyakan client lebih meminta file ekstensi AI (Adobe Illustrator)

Kesimpulan dan Penutup

Sebenarnya software untuk membuat desain masih ada yang lain namun di atas tadi yang sudah penulis sebutkan merupakan aplikasi yang sering digunakan. Selain di atas tadi, masih ada software yang dikhususkan untuk mengolah gambar bitmap dan vektor.

Bagi yang masih baru dalam dunia desain, software – software di atas sangat direkomendasi untuk pembelajaran.

Yang sering penulis gunakan untuk membuat desain yaitu Corel Draw namun terkadang juga menggunakan Adobe Illustrator.

Mungkin itu saja artikel mengenai macam maca software desain grafis yang sering digunakan. Jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah menarik dan bermanfaat juga.

Terima kasih 

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *