Seni Rupa 2D dan 3D

Pengertian karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi dalam dunia kesenian mungkin sudah banyak yang mengetahui. Terutama para seniman, dan juga pelajar yang sudah berkecipung didunia kesenian. Sudah sewajarnya dan juga sudah seharusnya setiap orang yang ingin memperdalam ilmu seni nya harus mengetahui pengertian dari seni rupa 2 dan 3 dimensi.

Dari kedua jenis tersebutlah kesenian mulai disukai banyak orang. Pada dasar nya 2 jenis tersebut berbeda baik dari segi bentuk maupun yang lain. Cara menikmati atau mengamati-nya pun juga berbeda.

Banyak unsur dan juga ciri ciri serta teknik yang harus diperhatikan dalam membuat karya seni, agar sebuah karya seni dapat dibilang baik.

Salah satunya yakni jenis karya seni itu sendiri. Kita harus menentukan akan membuat sebuah karya seni 2 dimensi atau 3 dimensi yang dimana setiap jenis tersebut membutuhkan alat dan juga bahan serta teknik yang cukup berbeda.

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang dimana menggunakan media indra penglihatan dan juga dapat peraba untuk menikmatinya atau mengamatinya. Yang berarti seni rupa sendiri mempunyai ciri-ciri dapat kita lihat serta dapat diraba.

Sebenarnya apa sih seni rupa 2 dimensi dan juga 3 dimensi ?

Mungkin anda yang membaca artikel ini ingin mengetahui pengertan dari dua jenis tersebut. Oleh sebab itu pada artikel ini, saya akan membahas mengenai pengertian-nya.


Pengertian seni rupa 2 dimensi

Seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni yang dimana dapat dilihat dan juga diraba yang dimana hanya memiliki dua sisi, yakni sisi panjang dan lebar dan tidak memiliki ruang serta volume.   Secara singkat pengertiannya seperti itu, dan bisa kita ambil kesimpulan bahwa seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang alias hanya memiliki panjang dan juga lebar. 

Contoh dari jenis seni rupa ini sering kita jumpai juga diberbagai tempat. Salah satunya mungkin anda pernah ke galeri pameran di kota anda. Jika ada sebuah lukisan baik itu menggunakan media kanvas atau media lainnya yang tidak memiliki ruang. Maka seni tersebut tergolong seni dua dimensi.  

Terus kenapa seni rupa dua dimensi juga dapat kita raba dengan indra peraba, bukannya tidak memiliki ruang ?   

Mungkin ada yang bertanya mengenai hal tersebut. Sebenarnya yang kita raba bukan dari bentuk nya namun yang kita raba yakni teksturnya.

Karena seni rupa dua dimensi dapat di buat dengan berbagai teknik, dan setiap teknik terkadang memiliki tekstur yang berbeda. 

Selain itu dari segi bahannya juga mengakibatkan teksturnya berbeda. Salah satu teman saya dalam acara pameran akhir tahun kemarin membuat sebuah karya dua dimensi yang dimana dia menggunakan semen putih sebagai bahannya.  

Alhasil timbulah sebuah tekstur yang berbeda dari yang lainnya yang hanya menggunakan sebuah cat warna atau sejenisnya. Itulah mengapa di seni rupa dua dimensi juga diperluka indra peraba.   


Pengertian seni rupa 3 dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah seni yang dimana dapat dilihat, dipegang, diraba, yang memiliki 3 sisi yakni panjang, lebar, dan juga tinggi, sehingga menghasilkan sebuah ruang atau memiliki volume.   Seni rupa tiga dimensi berbeda dengan seni rupa dua dimensi yang dimana jika seni rupa 3 dimensi memilki volume dan juga ruang sedangkan jenis satunya tidak memiliki. 

Seni rupa ini juga sering kita jumpai diberbagai tempat. Mungkin jika anda sedang berkendara dan melihat sebuah patung di pinggir jalan atau patung pahlawan dan sejenisnya itu juga termasuk kedalam jenis seni rupa 3 dimensi.    Ciri ciri yang paling menonjol dari seni rupa 3 dimensi hanya 3 tadi. Dia memiliki panjang,lebar, dan juga tinggi. Jika sudah memenuhi ke 3 ciri tersebut maka karya seni dapat dinyatakan sebuah karya seni 3 dimensi. 

Baca juga: pengertian desain grafis

Untuk nilai estetika dari jenis ini juga tidak kalah dengan seni rupa 2 dimensi. Tinggal bagaiman seniman tersebut yang mengolah atau berkarya serta berimajinasinya.    Media, alat, dan bahan yang di butuhkan untuk membuat karya seni jenis ini juga cukup berbeda dan lebih banyak dari pada karya seni rupa 2 dimensi. Oleh sebab itu terkadang karya seni ini lebih memiliki harga tinggi dari pada karya seni 2 dimensi.  


Unsur seni rupa dua dimensi

Unsur seni rupa pada dasarnya adalah sebuah unsur-unsur yang dimana jika di gabungkan atau digunakan salah satu atau dua maka akan menghasilkan karya seni rupa.

Jika bisa diibaratkan ini adalah sebuah unsur unsur dasar yang membentuk karya itu sendiri. Yang jika tidak menggunakan salah satu unsur ini maka tidak akan terbentuklah sebuah karya seni itu.   

Seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni yang dimana memiliki sisi lebar dan juga panjang. Nah, berikut ini unsur-unsur dasar seni rupa dua dimensi.

1. Titik

Titik adalah sebuah unsur yang paling dasar yang dimana mendasari semuanya. Baik itu bidang maupun garis atau bentuk. Pada dasarnya unsur inilah unsur yang paling awal. Yang dimana tanpa unsur ini maka tidak akan terciptalah sebuah karya seni. 

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Para seniman baik itu yang masih pemula atau yang sudah ternama sudah bisa dijamin dan dipastikan menggunakan unsur ini. Karna unsur ini segalanya terbentuk. 

2. Gris

Garis adalah unsur dasar selanjutnya setelah titik. Garis terbentuk dari banyak titik yang digabungkan menjadi satu. Sudah saya singgung pada tulisan di atas bahwasannya titik membentuk segalanya. Salah satunya yakni unsur garis.   

Garis bisa diibaratkan juga sebuah goresan atau pembatas dari satu objek dengan objek lainnya, dan juga sebagai pembatas antar bidang, warna, texture, ruangan dan lain sebagainya. Garis juga dapat mempunyai dimensi apabila garis itu memanjang dan memiliki arah yang jelas. 

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Garis termasuk unsur yang dimana memiliki banyak sifat yang berbeda beda. Sifat garis satu dengan yang lain juga memiliki makna serta arti yang berbeda. Sifat sifat garis di antaranya yaitu: 

  • Panjang
  • Pendek
  • Tebal 
  • Tipis
  • Horizontal
  • Vertikal
  • Lurus
  • Melengkung
  • DLL

3. Bidang

Jika garis terbentuk dari sebuah titik yang terhubung menjadi satu maka bidang adalah sebuah unsur yang dimana terbentuk dari gabungan beberapa garis yang saling terhubung satu sama lain. Bidang sendiri memiliki sifat dimana ia memiliki panjang dan juga lebar namun tidak memiliki volume.  

Baca juga: Pengertian golden ratio

Namun apabila gabungan dari beberapa bidang maka akan terbentuklah sebuah volume dan itu akan menjadi unsur yang berbeda. Tapi perlu diingat bahwasannya dalam karya seni dua dimensi salah satu ciri nya adalah dimana dia tidak memiliki volume.

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Maka dari itu unsur ruang/volume tidak dimiliki oleh sebuah karya seni 2 dimensi melainkan ada pada karya seni tiga dimensi.   

Pada dasarnya jika dilihat dari bentuknya, bidang memiliki jenis yang berbeda, diantaranya : 

  • Bidang bersudut
  • Bidang tidak beraturan
  • Bidang Geometris atau Organis

4. Bentuk

Bentuk adalah sebuah objek atau benda yang dimana bisa kita lihat dan juga kita raba. Contoh sederhananya adalah lemari es yang dimana dapat kita lihat dan juga raba. 

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Tapi dalam karya seni dua dimensi, perlu anda ketahui juga. Bentuk yang dimaksud bukan bentuk yang memiliki volume. Namun unsur bentuk yang dimana jika dilihat oleh mata seakan akan itu nyata atau dapat kita lihat atau menunukan sifat nya yang memiliki bentuk.   

Karena apa bila sebuah karya yang sudah memiliki volume maka karya tersebut tergolong karya tiga dimensi, sedangkan karya dua dimensi tidak memiliki unsur volume. Perlu di ingat baik baik poin tersebut, karena itu yang membedakan antara keduanya.  

5. Tekstur

Tekstur adalah sebuah unsur yang dimana dia memberikan sifat pada sebuah permukaan benda. Dengan adanya tekstur maka indra peraba kita akan merasakan sesuatu hal yang berbeda apa bila kita menyentuh sebuah karya dengan tangan kita.   Terkadang seorang seniman juga berkreatifitar pada satu unsur ini. Mungkin ada yang berangapan bahwa karya seni dua dimensi hanya dapat dibuat dengan menggunakan sebuah cat warna yang banyak anda temui. 

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Namun, faktanya karya seni dua dimensi dapat dibuat dengan berbagai media. Misalkan seperti yang sudah saya singgung pada artikel lain bawahsannya teman saya sewaktu mengadakan pameran akhir tahun, dia membuat sebuah karya seni dua dimensi, namun membuatnya bukan dengan cat warna, malainkan dengan semen putih.  

Baca juga: Pengertian teknik pointilis

Dengan semen putih itu lah menimbulkan sebuah karya seni yang berbeda dan apabila disentuh dan dirasakan akan menimbulkan rasa yang berbeda atau tekstur yang beda dari lainnya.    Tekstur sendiri memilik dua jenis yang berbeda, yakni:

  • Tekstur nyata adalah salah satu jenis tekstur yang dimiliki seni rupa 2 dimensi, yang apabila dilihat dengan penglihatan dan juga diraba dengan indra peraba terasa nyata dan benar benar dapat dirasakan dengan rasa yang sama.
  • Tekstur semu (maya) adalah tekstur yang dimana jika dirasakan dengan indra penglihatan memliki kesan yang berbeda apabila dirasakan dengan indra  peraba.

6. Warna

Warna adalah unsur selanjutnya yang juga termasuk salah satu unsur yang sangat penting. Dengan warna maka sebuah karya seni rupa 2 dimensi akan memiliki rasa atau kesan tersendiri jika dinikmati. Dengan warna maka akan memberikan aurora untuk karya itu, yang apabila sebuah karya dilihat maka akan benar benar terasa suasananya.  

Contoh sederhana, ada sebuah karya seni rupa pemandangan gunung, yang dimana di dekat gunung tersebut ada sebuah sungai yang jernih dan mengalir, serta terdapat burung yang berterbangan, dan juga pepohonan yang rimbun.   

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap Dengan Penjelasannya

Jika lukisan tersebut dilukis hanya dengan warna dasar yakni hitam dan putih maka kesan dari lukisan tersebut tidak terlalu terasa. Jika sebaliknya, lukisan tersebut di beri warna sesuai dengan warnanya, jika pohon maka warna batangnya coklat dan daunnya hijau. Maka seakan akan kita bisa merasakan betapa sejuk dan menangkan lukisan tersebut jika dilihat. Seakan akan kita berada di derah seperti pada lukisan tersebut.    Itulah pentingnya unsur warna dalam lukisan seni rupa 2 dimensi. Tapi tidak bisa dipungkiri juga ada seniman yang hanya menggunakan warna dasar hitam dan putih. Karena bisa jadi memiliki motif tersendiri memberikan warna tersebut. 

7. Gelap Terang (bayangan)

Unsur selanjutnya yakni gelap terang atau bisa dikatakan bayangan. Unsur ini juga tergolong dalam unsur yang sangat penting. Walaupun ada sebuah karya yang tidak harus menggunakan unsur ini namun ada juga yang perlu menggunakan unsur ini.   

Dengan unsur gelap terang maka karya seni rupa dua dimensi akan memiliki kesan ruang atau kedalaman. Terkadang unsur ini juga sangat penting dan harus digunakan untuk memberikan kesan lebih dalam lagi dan menambah nilai plus pada sebuah karya seni.   

Baca juga: Unsur unsur nirmana

Jika sebuah karya seni rupa dua dimensi menggunakan unsur bayangan atau gelap terang, maka karya tersebut bisa lebih terlihat nyata. Banyak contoh yang dapat kita temukan juga dalam sebuah karya.   

Contoh sederhana, sebuah pohon apabila tidak diberi gelap terang atau bayangan kita tidak tau dari mana asal cahaya matahari tersebut muncul. Maka unsur gelap terang dan bayangan inilah yang menjelaskan semua itu. 

8. Ruang dan Kedalaman

Sudah saya singgung sedikit mengenai ruang dan kedalaman pada tulisan di atas. Pada dasarnya unsur ini apabila diperhatikan dan digunakan maka juga akan menambah nilai plus pada sebuah karya dan akan melihatkan sebagaimana profesionalnnya karya tersebut.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa unsur ruang dan kedalaman akan menambah rasa pada karya tersebut. Sama halnya unsur warna yang juga salah satu tujuannya adalah untuk menambah kesan pada sebuah karya seni rupa.

Unsur unsur seni rupa dua dimensi sangatlah harus diperhatikan ketika sedang membuat sebuah karya. Apabaila salah satu atau dua dan juga bisa lebih dari unsur yang sudah di bahas diatas digunakan dalam sebuah karya, maka pada akhirnya akan menghasilkan karya yang dapat dikatakan karya seni rupa dua dimensi.   

Dari beberapa unsur tersebut ada sebagian unsur yang wajib ada dan sebaliknya ada juga yang hukumnya sunah atau tidak wajib ada. Namun terkadang yang tidak wajib ada itu akan menambah nilai estetikanya. Semua pilihan dikembalikan kepada orang yang membuat karya. Boleh menggunakan dan boleh tidak.

Penutup dan Kesimpulan

Pada dasarnya antara jenis karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi hanya berbeda sedikit. Yang diantaranya lebar, ruang, dan juga volume nya. Untuk teknik pembuatan atau bahan dan juga alat yang dibutuhkan juga sangat berbeda antara keduanya.   

Bisa kita simpulkan juga bahwa karya seni 3 dimensi lebih susah dibuat dari pada karya seni 2 dimensi.   

Semoga artikel mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi dan juga 3 dimensi ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya juga yang tidak kalah pentingnya dan bermanfaat dengan artikel ini.   

Terima kasih. 

Tinggalkan komentar