Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Pengertian Nirmana

2 min read

pengertian nirmana

Pengertian nirmana sudah sepantasnya harus pada memahami dan juga mengerti untuk topik yang satu ini.

Sudah banyak sekali artikel yang membahasnya, ada yang singkat maupun panjang.

Bagi mereka yang bergelut di dunia desain tentu tahu bahwa nirmana dipahami sebagai sebuah bentuk yang tidak berbentuk.

Dalam dunia desain grafis atau desain komunikasi visual, nirmana memegang peranan sangat penting dalam hal bagaimana menata dan menyusun elemen dasar desain komunikasi visual.

Pengertian Nirmana

Menurut beberapa pakar definisi nirmana ialah pengorganisasian atau penyusunan beberapa elemen visual seperti halnya titik, garis, warna, ruang serta tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Nirmana bisa juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang memiliki nilai keindahan. Secara singkat nirmana disebut juga ilmu tatarupa.

Dapat kita ketahui bersama bahwa nirmana dibentuk dari dua kata yaitu nir berarti tidak, mana berarti makna, dan apabila digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak memiliki makna sama sekali.

Namun apabila kita artikan lebih dalam lagi, maka nirmana berarti lambang-lambang bentuk tidak bermakna, dan dilihat sebagai kesatuan pola, juga warna, komposisi, irama, nada dalam desain.

Baca juga: Unsur unsur nirmana yang perlu diketahui

Beberapa bentuk yang dipelajari pada umumnya diawali dari bentuk dasar seperti halnya kotak, segitiga, bulat yang sebelumnya tidak bermakna diracik sedemikian rupa, sehingga menjadi memiliki makna tertentu.

Apabila kita pelajari lebih jauh lanjut, nirmana ini sangat mirip sangat dengan Tipografi ataupun ilmu huruf yakni tentang mengorganisasikan sesuatu guna mencapai kualitas artistik pada sebuah karya seni atau desain yang di hasilkan.

Nirmana sendiri dapat berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, serta impresi pada sebuah bentuk. Anda mungkin belum paham bahwa nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja, namun juga menjelajah sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya.

Mengenai ruang maya ialah ruang semu dimana kita dapat berhayal tentang beberapa hal yang membingungkan kita sendiri.

So, dalam artian hayalan tentang sebuah bentuk seni yang sulit kita torehkan dalam media 2 dimensi atau 2 dimensi.

Baca juga: Pengertian bitmap dalam desain grafis 

Untuk pengaplikasian nirmana sendiri, sangat mutlak dilakukan dalam semua bidang seni rupa dan desain yah.

Beberapa contohnya ialah fotografi, bidang seni ini memiliki kemampuan melakukan eksekusi ini dengan sangat baik.

Anda harus tahu bahwa kapabilitas fotografi yang merekam sebuha obyek setepat-tepatnya bisa kita kacaukan dengan nirmana.

Saya dapat katakan bahwa sudah biasa jika melihat langit yang jauh yang berwarna biru dan beberapa pepohonan yang dekat dengan warna hijau.

Tetapi dengan adanya nirmana, langit dapat kita beri warna panas atau orange/ kuning, dalam hal menciptakan kesan objek tersebut dekat dengan kita.

Serta pepohon dengan warna dingin misalnya biru untuk memberikan kesan objek tersebut jauh dengan kita saat di ambil gambarnya.

Ada 4 bagian elemen seni rupa berdasarkan bentuk yang di hasilkan di antaranya :

  • Titik, titik ialah suatu bentuk kecil yang tidak memiliki dimensi. Mengenai raut titik yang paling umum ialah bundaran sederhana, mampat, serta tak bersudut dan tanpa arah 
  • Garis, garis ialah suatu hasil goresan nyata serta batas limit suatu benda, ruang, dan rangkaian masa dan warna. 
  • Bidang, bidang ialah suatu bentuk pipih yang tidak mempunyai ketebalan, memiliki dimensi pajang, lebar dan luas; dan memiliki kedudukan, arah serta dibatasi oleh garis.
  • Gempal, gempal ialah bentuk bidang yang memiliki dimensi ketebalan dan kedalaman. 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian nirmana dalam desain grafis secara singkat beserta 4 elemen seni rupa berdasarkan bentuk. 

Semoga dengan artikel ini wawasan dan juga ilmu para pembaca semakin bertambah dan semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa membaca artikel lainnya dan meninggalkan komentar.

Terima kasih 

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *