Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Pengertian Desain Grafis

2 min read

pengertian desain grafis dan penjelasan secara umum menurut para ahli

Pengertian desain grafis mungkin hampir sebagian kalangan masyarakat sudah mengetahuinya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi pada saat ini grafis desain menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk menyampaikan sebuah pesan melalui gambar dan juga teks.

Desain grafis sendiri memiliki makna yang beragam dan tidak sedikit yang berpendapata mengenai pengertian dan juga penjelasan atau definisi-nya. Mulai dari para ahli yang menafsirkan arti graphic design dan juga ada pengertian secara umum.

Apa itu desain grafis ?  mungkin pertanyaan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi apakah semua orang paham akan pengertian maupun definisi desain grafis itu sendiri ?

Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan kami kupas mengenai pengertian dan juga definisi desain grafis.

Tapi sebelum itu perlu kalian ketahui desain grafis dibagi menjadi dua jenis. Ada desain grafis berbasis bitmap dan ada juga yang berbasis vektor. Tapi pada artikel ini saya akan menjelaskan desain grafis secara keseluruhan atau secara umum.

Selain itu penulis juga akan memberikan beberapa pendapat atau pengertian desain grafis menurut para ahli baik dari Indonesia maupun luar negeri.

langsung saja berikut penjelasannya.

Pengertian desain grafis

Desain grafis sendiri sebenarnya memiliki banyak pengertian ataupun definisi, jadi penulis tidak bisa berpendapat bahwa pengertiannya ini atau ini, tidak.

Namun penulis akan menyimpulkan atau memberikan pengertiannya secara umum, yang penulis dapatkan dari beberapa situs yang membahas mengenai tema ini.

Baca juga: Fungsi dan manfaat desain grafis diberbagai bidang

Desain Grafis yang berasal dari dua kata yaitu “Desain” dan “Grafis“, dari kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Desain jika di artikan sebuah kalimat maka kata desain dapat di artikan sebagai kata benda dan juga kata kerja.

Sebagai kata kerja desain berarti proses untuk membuat suatu obyek baru yang belum pernah di buat. Sedangkan jika di artikan sebagai kata benda, desain bisa disebut dengan sebuah hasil akhir dari sebuah proses.

Contoh desain grafis
Contoh desain grafis

Sedangkan Grafis memiliki makna yaitu titik ataupun garis yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan sebuah infromasi secara efektif.

Sebagian orang umumnya menyebut istilah grafis sebagai gambar yang menjadi fungsional dan juga sebagai seni artistik.

Dari kedua kata tersebut yang sudah penulis bahas, penulis dapat  menyimpulkan bahwa,

Desain Grafis adalah sebuah proses untuk membuat sebuah obyek yang belum pernah di buat yang terdiri dari kumpulan titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan sebuah infromasi secara efektif dimana pada akhirnya menghasilkan sebuah gambar yang menjadi fungsional dan juga sebagai seni artistik, yang dimana gambar tersebut berfungsi untuk menyampaikan sebuah pesan yang terdapat di gambar.

Agar lebih lengkap dan lebih terpercaya, saya mengutip juga pengertian desain grafis dari situs wikipedia.

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Pengertian desain grafis menurut wikipedia

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan ini, setiap kata pasti memliki banyak makna, terutama dari setiap pakar yang memiliki definisinya masing masing. Oleh sebab itu berikut ini definisi desain grafis menurut para ahli dibidang-nya

  • Menurut Suyanto desain grafis adalah sebuah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan sebuah bisnis dan industri. Aplikasi – aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  • Menurut Danton Sihombing desain grafis memperkerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi elemen – elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
  • Menurut Warren desain grafis adalah suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
  • Menurut Blanchard desain grafis merupakan suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambar visual pada segala permukaan.
  • Menurut Hendi Hendratman desain grafis dapat di artikan sebagai proses pemikiran yang di wujudkan dalam gambar.

Itulah beberapa pendapat mengenai definisi ataupun pandangan tentang desain grafis menurut para ahli baik lokal maupun international.

Kesimpulan dan Penutup

Dari semua pengertian maupun definisi ataupun arti yang sudah penulis cantumkan di atas mungkin bisa diambil kesimpulan bahwa desain grafis memiliki banyak arti tinggal bagaiman kita mengartikannya.

Tidak hanya pengertian desain grafis saja yang sangat penting tapi masih ada banyak ilmu mengenai desain yang harus di pelajari, salah satunya macam macam aplikasi pengolah desain grafis.

Setelah pembaca membaca artikel ini penulis pribadi mengharapkan pembaca dapat paham mengenai apa itu desain grafis secara umum ataupun menurut para ahli.

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *