Kartu SIM Tidak Terbaca

Salah satu komponen terpenting yang ada pada sebuah smartphone yakni kartu SIM atau biasa disebut SIM card. Dengan adanya kartu sim ini kita dapat melakukan berbagai macam hal, seperti berinternet, SMS, menelopn, dan lain-lain.

Lantas bagaimana jika kartu SIM yang ada di HP tidak terbaca? Tentu hal ini akan berdampak fatal dan sangat merepotkan bagi kita, karena secara otomatis kita tidak bisa menggunakan ponsel semestinya.

Masalah ini bisa saja terjadi kepada kita, terutama bagi Anda yang sedang membaca artikel ini untuk mencari solusi.

Namun pertanyaannya kenapa kartu sim bisa tidak terbaca? Biasanya penyebab dari kartu sim tidak terbaca di hp terjadi karenanan beberapa faktor, antara lain:

  • Kartu SIM panas.
  • Slot kartus SIM rusak.
  • IMEI hilang.
  • Jaringan Provider gangguan.
  • Masa pakai kartu SIM sudah terlalu lama.
  • Masa IC PA.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan katu SIM tidak terdeteksi secara tiba-tiba. Lalu bagaimana cara agar kartu SIM dapat terbaca kembali?

Langsung saja simak artikel ini sampai habis agar Anda mendapatkan solusinya!

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Karena beberapa penyebab yang sudah saya sebutkan tadi maka kartu SIM bisa saja secara tiba-tiba tidak terbaca. Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk berbagai macam merek atau brand HP seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Lenovo, Vivo, Apple atau iPhone, dan lain-lain.

Namun sebelum masuk ke cara lain, ada baiknya Anda mencoba cara yang paling dasar terlebih dahulu. Yakni dengan cara Restart Hp.

Cara ini termasuk cara yang paling awal dan wajib dicoba terlebih dahulu, karena biasanya hanya dengan cara ini, kartu SIM kembali terdekteksi dan aktif.

Baca juga: Cara melacak HP yang hilang

Untuk caranya pun sangatlah mudah, berikut cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dengan melakukan restart HP:

  1. Silahkan matikan HP Anda terlebih dahulu.
  2. Tunggu beberapa saat, kemudian silahkan lepas kartu SIM.
  3. Lalu jika sudah pasang kembali kartu SIM Anda dengan benar.
  4. Kemudian nyalakan kembali HP Anda.

Apakah berhasil? Bila berhasil maka selamat kartu SIM Anda sudah kembali terbaca. Namun apabila tidak berhasil silahkan coba beberapa cara berikut ini.

Disclaimer = Cara yang kami berikan tidak 100% akurat dan tidak pasti berhasil. Semua tergantung kerusakan atau masalah yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Silahkan coba satu persatu, dan apabila tidak berani mengambil resiko, silahkan serahkan ke ahlinya (tempat service) agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Terima kasih.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di HP:

1. Restart HP

Cara pertama Anda bisa melakukan Restart HP Anda terlebih dahulu, sepert yang sudah jelaskan tadi beserta caranya.

Dengan cara ini, biasanya kartu SIM bisa normal kembali dan dapat aktif kembali. Maka dari itu silahkan coba cara pertama ini.

Tidak lain tidak bukan karena dengan melakukan restart HP dapat menghilangkan beberapa bug-bug yang kemungkinan terjadi kepada HP kita.

2. Bersihkan SIM Card dan Konektor

Jika dengan cara restart Hp masih belum terbaca, maka Anda bisa melakukan pembersihan kepada SIM Card dan juga Konektor-nya.

Untuk cara nya cukup mudah, berikut cara lengkapnya:

  1. Matikan HP Anda terlebih dahulu.
  2. Lepas kartu SIM dan konektor anda dari HP.
  3. Ambil cotton bud atau penghapus pensil.
  4. Bersihkan dengan cotton bud atau penghapus pensil.
  5. Untuk membersihkan cukup dengan perlahan dan satu arah.
  6. Silahkan bersihkan pas kuningan yang terdapat pas SIM dan konektor.
  7. Jika dirasa sudah cukup silahkan pasang kartu SIM kembali.
  8. Hidupkan kembali HP Anda.

Dengan cara ini maka debu-debu yang terdapat pada kuningan SIM akan hilang, dan ada kemungkinan besar kartu SIM akan terbaca kembali. Saya pribadi pernah menggunakan cara ini dan berhasil.

Bila mana belum juga terbaca, silahkan lanjut ke cara berikut ini.

3. Ganti Pengaturan Jaringan

Cara selanjutnya untuk memperbaiki agar kartu SIM terbaca dan muncul jaringannya yakni dengan cara mengganti pengaturan jaringan pada smartphone.

Seperti yang sudah saya sampai tadi, salah satu penyebab sinyal hilang karena bisa jadi provider jaringan sedang mengalami ganguan dan mengakibatkan SIM Card tidak terbaca.

Untuk merubahnya cukup mudah, caranya sebagai berikut ini:

  1. Silahkan buka Dial di HP Anda.
  2. Ketik *#*#4636#*#* pada kolom Dial.
  3. Lalu periksa Information 1 / Information 2 (SIM 1 / SIM 2).
  4. Selanjutnya ubah jenis jaringan yang ada pada kolom sinyal.
  5. Tunggu beberapa saat maka jaringan akan berubah.

Apakah dengan cara ini berhasil? Jika tidak Anda bisa lanjut ke cara berikutnya.

4. Periksa IMEI HP Anda

Bila ke 3 cara di atas masih juga belum memberikan kabar baik, maka Anda bisa mencoba cara ke-4 ini. Yakni dengan memeriksa IMEI HP Anda masih ada atau hilang.

Karena dengan hilangnya IMEI akan menyebabkan hilangnya sinyal juga. Nomor IMEI ini salah satu fungsinya untuk menangkap sinyal.

Lalu bagaimana cara memeriksa IMEI Anda? Berikut ini caranya:

  1. Buka Dial telepon di HP Anda.
  2. Kemudian silahkan ketik *#06#* dan hubungi.
  3. Tunggu beberapa saat maka akan muncul informasi IMEI.

Jika HP Anda normal maka informasi IMEI Anda akan muncul, jika tidak ada nomor IMEI maka ada kemungkinan besar ini penyebab SIM Card tidak terbaca.

Solusinya yakni Anda harus mengembalikan nomor IMEI ini agar sinyal dapat tertangkap oleh HP Anda. Untuk caranya sudah pernah saya bahas secara lengkap pada artikel Cara Mengatasi Imei Tidak Valid.

5. Lakukan Factory Reset HP

Cara selanjutnya yakni dengan melakukan Factory Reset HP atau mengembalikan HP ke setelan pabrik. Bila cara sebelumnya dengan memeriksa IMEI tidak berhasil, maka ini cara berikutnya yang bisa dicoba juga.

Namun sebelum Anda melakukan ini, pastikan Anda sudah melakukan back up terhadap data-data penting yang ada di HP Anda, seperti foto, video, atau dokumen penting lainnya.

Karena dengan mengembalikan HP ke setelan pabrik, maka semua data baik itu penyimpanan atau akun akan hilang. Jika Anda sudah melakukan back up, silahkan lanjut untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik.

Untuk cara lengkapnya sudah saya bahas pada artikel Cara Factory Reset HP. Sekali lagi, jika Anda melakukan cara ini, kami tidak bisa menjamin akan keberhasilannya.

Jadi silahkan diperhitungkan kembali untuk melakukannya dan apabila terjadi sesuatu, bukan tanggung jawab kami.

6. Hubungi Customer Service Provider

Cara yang ke-6 apabila cara sebelumnya sama sekali belum memberikan solusi Anda bisa mendatangi atau menghubungi customer service operator provider yang Anda gunakan.

Opsi ini bisa menjadi opsi bagi Anda yang tidak ingin resiko lebih buruk terjadi pada HP Anda. Karena dengan begitu Anda bisa mendapatkan solusi dari ahlinya.

7. Perbaiki HP di tempat service

Bilamana dengan ke-6 cara di atas tadi masih belum juga bisa mengatasi SIM Card tidak terbaca. Ada kemungkinan besar terjadi kerusakan hardware HP.

Bisa jadi konektornya yang rusak, IC PA, atau komponen lainnya. Agar mengetahui kerusakan yang terjadi dan menyebabkan kartu SIM tidak terbaca, maka sebaiknya serahkan pada ahlinya.

Baca juga: Cara menyalakan senter HP

Anda bisa langsung membawa HP Anda ke Service Center resmi atau ke teknisi HP langanan Anda. Bila masih memiliki garansi sebaiknya langsung ke Service Center resminya.

Dengan begitu penyebab hilangnya sinyal HP atau tidak terbacanya kartu SIM akan diketahui. Dan apabila harus mengganti komponen maka akan langsung diganti dengan sepertujuan Anda.

Untuk sstimasi biaya perbaikan SIM Card tidak terbaca kurang lebih sebagai berikut:

NoJenis KomponenEstimasi Biaya
1Konektor SIMRp50.000 – Rp200.000
2IC PARp100.000 – Rp300.000
3Jasa servisRp50.000 – 200.000

Estimasi ini tidak 100% akurat namun kurang lebih biayanya sekitar segitu. Balik lagi tergantung kerusakaan dan juga tempat tinggal Anda, karena setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda.


Itulah cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan solusi untuk HP Anda dan semoga SIM Card HP Anda bisa normal kembali.

Apabila ada pertanyaan terkait pembahasan kali ini bisa silahkan Anda tanyakan langsung melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan. Terim kasih.


Icons made by Freepik from www.flaticon.com

Tinggalkan komentar