Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Teknik Pointilis

2 min read

pengertian gambar dengan teknik pointilis

Gambar dengan teknik pointilis mungkin sudah sering kita jumpai. Terutama bagi para pelajar yang mendapatkan tugas kesenian yang dimana ditugaskan untuk mengambar sabuah gambar, baik itu buah,benda, atau objek lainnya dengan teknik pointilis.

Pointilis merupakan salah satu teknik mengambar atau melukis yang berbeda dengan teknik lainnya. Dengan menggunakan cara ini maka akan terciptalah sebuah gambar yang unik dan juga memiliki nilai estetika yang berbeda.

Belum lama ini, saya juga mendapatkan ujian praktek seni budaya. Salah satu ujiannya yakni seni rupa. Yang dimana diharuskan setiap siswa mengambar satu gambar di selembar kertas berukuran A3 dengan menggunakan teknik pointilis.

Waktu itu saya menggambar buah pir yang dimana saya rasa awalnya susah, cernyata tidak sesusah yang saya bayangkan setelah saya mencoba.

Sebenarnya apa sih teknik gambar pointilis ?

Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian teknik gambar pointilis secara lengkap dan juga mudah dipahami.

Pengertian Pointilis

Pointilis adalah sebuah teknik menggambar atau melukis yang dimana tersusun atau terbentuk dari titik-titik yang saling terhubung menjadi satu yang pada akhirnya terbentuklah suatu gambar.

Pointillisme adalah salah satu teknik dalam lukisan yang memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik hingga mampu memberikan kesan keberadaan bidang atau warna baru. Biasanya warna-warna yang bukan merupakan warna primer dibentuk secara visual dengan mendekatkan beberapa warna primer. Metode ini disebut Divisionisme. Tetapi pointillisme bisa pula mengacu kepada lukisan satu warna atau hitam putih saja. Efek dari perbedaan kerapatan titik bisa menciptakan halusinasi gradasi warna.

sumber wikipedia

Salah satu teknik ini hanyalah sebagian dari teknik lainnya. Jika anda mempelajari ilmu seni, maka anda akan menemukan atau mengetahui berbagai teknik lainnya yang berbeda. Yang dimana dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah karya seni yang cukup indah.

Teknik pointilis berkembang pada tahun 1800-an yang dimana pada waktu itu menggunakan sebuah titik titik dengan warna primer untuk membentuk sebuah gambar yang dimana pada akhirnya warna sekunder dapat terlihat karena titik warna primer.

Pada dasarnya melukis dengan teknik ini sangat mudah namun cukup memerlukan sebuah kesabaran yang tinggi. Karena dengan memberikan titik demi titik lah akan terbentuk sebuah gambar.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga. Jika memberikan titik titik nya dengan menggunakan sebuah spidol atau pensil maka harus memperhatikan tebal tipisnya. Agar kesan bayangannya ada. Semakin rapat maka semakin gelap bayangannya sebaliknya pun juga.

Contoh Gambar Pointilis

Di awal paragraf saya sudah bercerita bahwa saya pernah mendapat ujian praktek yang dimana disuruh menggambar dengan menggunakan teknik pointilis. Berikut ini hasil gambar yang saya buat dengan menggunakan terkenik tersebut.

contoh gambar dengan teknik pointilis
contoh gambar dengan teknik pointilis

Di atas ini merupakan hasil ujian praktek seni budaya saya. Dengan waktu kurang lebih 2 jam saya menggambar gambar tersebut. Banyak hal yang perlu di perhatikan, terutama ketelitian dan kesabaran serta bayangan. 

Dari gambar di atas anda akan mengerti seperti apa sih gambar dengan menggunakan teknik pointilis. Susah tidak sih menggambarnya. Apa saya bisa menggambar dengan teknik pointilis. Maka cermatilah gambar di atas agar anda semakin paham dan semakin mengerti seperti apa gambar pointilis.

Bisa diperhatikan dari gambar tersebut. Jika bayangan antara buah 1 dengan buah 2 tidak terasa maka gambar tersebut tidak memiliki kesan penempatan. Karena jika bayangan terasa maka akan terlihat mana yang berada didepan dan mana yang berada di belakang. Itulah pentingnya ketelitian dan juga memperhatikan bayangan. 

Selain dari contoh gambar saya yang terbilang masih jauh dari kata sempurna. Anda bisa melihat beberapa contoh gambar dengan teknik pointilis lainnya yang digambar langsung oleh teman teman saya pada artikel mengenai contoh gambar dengan teknik pointilis sederhana.

Kesimpulan dan Penutup

Teknik Pointilis merupakan salah satu teknik yang tergolong sangat mudah diterapkan. Saya sebagai orang awam dan baru pertama kali menggambar dengan teknik tersebut dapat menghasilkan gambar yang cukup tergolong baik.

Oleh sebab itu bagi yang mau menggambar atau mencoba dapat langsung mencobanya. Di satu sisi mudah di satu sisi unsur seni dan estetika nya juga ada. 

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai pengertian dan juga definisi gambar dengan teknik pointilis. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah penting serta menarik dan juga bermanfaat. 

Terima kasih.

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *