Pengertian Desain Grafis

Jika kamu pernah melihat poster, banner, stiker, packaging, atau logo sebuah perusahaan baik itu dalam bentuk fisik maupun digital semua itu dibuat dengan menggunakan seni desain grafis.

Fakta-nya saat ini desain grafis menjadi salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan dan dicari oleh sebuah perusahaan, organisasi, atau lainnya.

Tapi sebenarnya apa sih desain grafis itu?

Nah pada materi yang pertama ini, vrontalmedia akan menjelaskan mengenai pengertian desain grafis. Langsung saja berikut ini penjelasannya:


Pengertian Desain Grafis Secara Umum

Pengertian desain grafis secara umum
pengertian desain grafis secara umum

Desain Grafis adalah sebuah proses pembuatan sebuah obyek yang belum pernah di buat, terdiri dari kumpulan titik dan garis dan pada akhirnya terbentuklah sebuah visual, tulisan, bentuk, dan juga gambar yang bertujuan sebagai media untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan secara efektif.

Itulah pengertian desain grafis secara umum. Tetapi pada dasarnya desain grafis berasal dari dua kata, yakni “Desain” dan “Grafis”, dari kedua kata tersebut mempunyai arti yang berbeda.

Desain dapat kita artikan sebagai kata benda dan juga kata kerja. Jika diartikan sebagai kata kerja desain berarti sebuah proses pembuatan suatu obyek baru yang belum pernah di buat. Sedangkan jika di artikan sebagai kata benda, desain bisa disebut dengan sebuah hasil akhir dari sebuah proses.

Kata kedua yakni grafis yang memiliki makna ilmu perancangan titik atau-pun garis yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan sebuah informasi secara efektif.

Agar lebih lengkap dan lebih terpercaya, berikut ini saya kutip definisi desain grafis dari situs wikipedia.

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Sumber : wikipedia

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli
pengertian desain grafis menurut para ahli

Selain pengertian secara umum, ada juga pengertian menurut para ahli. Yang dimaksud para ahli disini yakni mereka yang sudah berpengalaman bertahun-tahun lamanya di dunia desain grafis.

Berikut beberapa ahli yang mendefinisikan desain grafis.

Desain grafis menurut Danton Sihombing

Menurut Danton Sihombing, desain grafis memperkerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi atau-pun ilustrasi elemen – elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Danton Sihombing

Desain grafis menurut Warren

Menurut Warren, desain grafis adalah suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

Warren

Desain grafis menurut Blanchard

Menurut Blanchard, desain grafis merupakan suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambar visual pada segala permukaan.

Blanchard

Desain grafis menurut Hendratman

Menurut Hendi Hendratmandesain grafis dapat di artikan sebagai proses pemikiran yang di wujudkan dalam gambar.

Hendratman

Desain grafis menurut Michael Kroeger

Menurut Michael Kroeger, desain grafis adalah visual communication (komunikasi visual) merupakan  konsep-konsep dan latihan teori melalui suatu terma-terma visual yang  menggunakan warna, bentuk dan juga garis.

Michael Kroeger

Desain grafis menurut Suyanto

Menurut Suyanto, desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri.

Suyanto

Desain grafis menurut Jessica Helfand

Menurut Jessica Helfand, desain grafis dapat didefinisikan sebagai kombinasi kompleks rata-rata dan gambar, angka-angka dan grafik, derta foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang dapat menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan/subversif, atau sesuatu yang mudah diingat.

Jessica Helfand

Agar penjelasannya lebih jelas dan lebih bisa dipahami lagi, silahkan simak video berikut ini :

Silahkan dilihat secara lengkap bila perlu dicatat, agar kamu benar benar paham mengenai materi ini.

Pengertian desain grafis menurut Suyanto

Desain grafis menurut Diaz Hendrassukma

➽ Menurut Diaz Hendrassukma desain grafis adalah fungsinya sebagai solusi, pemecah masalah untuk kita pakai sehari-hari, dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Diaz Hendrassukma

Untuk pembahasan lebih lanjut dan lebih lengkap, simak video berikut ini :

Desain grafis menurut Diaz Hendrassukma

Pengertian Desain Grafis Percetakan

Pengertian desain grafis percetakan
pengertian desain grafis percetakan

Desain grafis percetakan adalah proses dimana yang melibatkan beberapa unsur seperti titik, garis, warna, bidang, dan gambar yang dijadikan satu kesatuan agar menjadi sebuah visual yang memiliki tujuan atau pesan dan pada akhirnya akan ke proses pencetakan.

Tidak hanya dalam dunia kesenian, namun desain grafis juga sangat berpengaruh dalam dunia percetakan, mengapa?

Karena pada akhirnya sebuah karya desain baik itu poster, banner, packaging, kaos dan lain sebagainya akan berakhir ke pencetakan secara fisik.

Contohnya seperti desain banner usaha kebab di pinggir jalan, pastinya sebelum banner itu dicetak harus didesain terlebih dahulu.

Atau misalkan brosur sekolah, pasti sebelum dicetak harus ada desain-nya dulu baru bisa dicetak.Oleh karena itu desain juga sangat dibutuhkan di dunia percetakan.

Di zaman ini, desain grafis percetakan sangat diperlukan sekali. Terutama bagi perusahaan, organisasi, universitas atau sekolahan yang memerlukan banyak media untuk mengurus berbagai hal.

Seperti form, label, spanduk, banner, undangan, stiker dan lain sebagainya.


Infografis Pengertian Desain Grafis

Setelah dibahas secara lengkap di atas, berikut ini rangkuman dalam bentuk infografis mengenai pengertian desain grafis.

Infografis Pengertian Desain Grafis
infografis mengenai desain grafis

Itulah pembahasan mengenai pengertian desain grafis baik secara umum dan juga menurut para ahli. Jika sudah paham, silahkan lanjut ke materi selanjutnya.

Anda sudah menyelesaikan 1 dari 30 materi
3%

Icons made by Smashicons from www.flaticon.com

2 pemikiran pada “Pengertian Desain Grafis”

Tinggalkan komentar