Profesi Desain Grafis

Pekerjaan desain grafis – Desain adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan, terutama bagi sebuah perusahaan, instansi, organisasi. Oleh karena itu, prospek pekerjaan sebagai seorang desain grafis sangatlah tinggi.

Tidak hanya itu saja, hampir semua yang ada di dunia tidak lepas dari sebuah konsep desain. Baik itu kursi, meja, mobil, motor, website, logo, dan masih banyak lagi.

Tetapi pertanyaanya apa saja sih pekerjaan seorang desain grafis ? dan berapa sih gajinya ?

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas tuntas mengenai hal tersebut, yuk simak penjelasannya.


Macam-macam Pekerjaan Desain Grafis

Macam macam pekerjaan di bidang desain grafis
artikel ini membahas secara lengkap mengenai pekerjaan di bidang desain grafis, yuk baca!

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, seorang perancang desain sangatlah di butuhkan dalam segala hal. Berikut ini beberapa profesi yang berkaitan dengan dunia desain:

1. Editor Foto di Studio Foto

Saat Anda memilih pekerjaan dengan keterampilan desain grafis, Anda tentu tidak dapat meninggalkan editing foto.

Beberapa perusahaan Ecommerce memerlukan seorang fotografer produk. Dan disini seorang editor foto dapat memainkan peran penting.

Dengan keterampilan program editing foto yang memang banyak orang sudah tau akan memungkinkan untuk manipulasi, crop, dan menyempurnakan foto digital ataupun gambar bitmap yang lainnya.

Mungkin ada yang berangapan editor foto tidak termasuk dalam katagori desainer, iya memang bukan termasuk dalam katagori desian grafis. Namun ada beberapa editor foto yang juga memerlukan ilmu desain, seperti memberikan font, watermark, dan lain sebagainya.

Jadi editor foto dan desainer tidak jauh berbeda namun ada perbedaannya.

2. Divisi Creative di Advertising Agency

Jika anda seorang desainer grafis muda yang masih memiliki segudang ide kreatif, dinamis, dan aktif, advertising agency merupakan pilihan yang tepat untuk anda coba.

Dengan segudang kreatifitas anda maka akan sangat membantu menjawab kebutuhan periklanan klien.

Kemampuan desain grafis sangatlah dibutuhkan ketika ingin membuat sebuah iklan. Karena iklan tidak jauh dari tampilan visual.

Diberbagai daerah khusus nya ibu kota jakarta, skill dibidang desain grafis sangatlah dibutuhkan, terutama dibidang advertising agency.

3. Desainer Grafis di Branding Agency

Dengan skill desain anda, maka anda sangat dibutuhkan di perusahaan yang fokus pada branding agency.

Karena sebuah perusahaan membutuhkan sebuah tampilan visual yang sesuai sebagai identitas dan representatif.

Desain yang dibutuhkan biasanya meliputi desain logo, marketing kit, brand identitu, manual guide, dan tampilan visual lainnya.

Tidak hanya itu, bekerja di perusahaan branding juga akan menda patkan pemahaman konsep dan juga strategi branding serta pemasaran terpadu.

Dalam perusahaan ini, seorang desainer grafis sangat dibutuhkan dan terbilang krusial.

4. Desainer Grafis pada Perusahaan Media

Selain pekerjaan desain grafis di atas, ada pekerjaan lain yang cocok bagi anda yang memiliki skill desain grafis, yakni di perusahaan media.

Perusahaan media baik cetak maupun online sangatlah membutuhkan seorang desainer untuk membantu proses pencetakan maupun memenuhi kebutuhan pesanan dari client.

Tidak hanya itu saja, perusahan media sangatlah luas kebutuhan pasarnya. Biasanya desainer di bidang ini akan mendapatkan tugas untuk membuat beberapa desain, diantaranya desain banner, majalah, surat kabar, stasius televisi, dan media berita online.

Jika anda sudah bekerja di perusahaan media, anda harus siap dengan deadline, karena setiap media mengejar waktu. Oleh karena itu, mental juga harus disiapkan, entah nanti ada kritikan atau kerjaan yang menumpuk.

5. Desainer Interior

Pada saat ini perusahaan interior sedang naik-naiknya. Karena banyak yang membutuhkan dan pastinya ini sangat berdampak positif kepada karyawan perusahaan tersebut, terutama bagi desainer.

Bagi anda yang lulus desain interior pastinya akan mencari sebuah kerjaan yang tidak jauh dari mendesain sebuah ruangan.

Bukan hanya mendesain sebuah ruangan agar menadi menari dan memilik nilai estetika lebih. Namun juga harus memperhatikan nilai fungsional dan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, seorang desainera interior sangat lah dibutuhkan untuk keadaan tersebut yang dimana harus memberikan sebuah solusi atau membuat desain sesuai dengan pesanan client.

6. Fashion Designer (Perancang Busana)

Bagi anda yang suka menggambar busana, suka merancang gaun dan sejenisnya. Pekerjaan desain grafis fashion designer sangatlah cocok bagi anda.

Banyak sekali butik-butik yang membutuhkan seseorang yang sangat ahli dalam bidang ini.

Selain itu kesempatan menjadi fashion designer sangatlah terbuka lebar. Karena belum banyak yang fokus pada bidang ini, dan peminatnya pun tidak banyak.

Tetapi kebutuhan pasar sangatlah banyak, jadi masih ada peluang bagi anda yang ingin menjadi perancang busana.

7. Product Designer (Perancang Produk)

Pekerjaan desain grafis berikutnya dibidang desain grafis yakni product designer atau yang lebih dikenal dengan perancang suatu produk.

Tugas dari profesi ini lebih ke membuat sebuah kemasan untuk suatu produk yang dimana agar terlihat menarik dan memiliki sebuah informasi dari produk tersebut.

Tapi, tidak semata mata hanya membuat sebuah kemasan, namun harus memliki nilai lebih dan memikirkan bagaimana produk tersebut menarik sehingga orang ingin membelinya.

Oleh karena itu, pekerjaan desain grafis dibidang ini sangatlah cocok bagi kaum muda yang masih memiliki sebuah ide ide yang baru dan fresh.

8. UI/UX Designer

Pada saat ini, hampir semua perusahaan berusaha untuk membuat bisnisnya menjadi online yang bertujuan agar usahanya dapat dicari melaluai internet / google.

Dengan membuatnya dapat dicari di mesin pencarian, maka harapannya ada peningkatan penjualan atau hanya melakukan branding.

Namun sebelum membuat bisnis menjadi online, maka diperlukan seseorang yang paham akan bidang ini. Salah satunya yakni orang yang dapat mendesain sebuah website atau aplikasi.

Yang dimana ini berkaitan dengan user interface/user experience, atau yang biasa disebut dengan UI/UX.

Bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang ini, maka peluang nya masih sangat besar. Karena masih sedikit yang berminat dan memilih fokus ke desain UI/UX.

Untuk pekerjaannya anda bisa mencari profesi dibidang UI/UX Design. Biasanya yang membuka lowongan ini para startup yang setiap harinya selalu mengembangkan tampilan bisnisnya.

Atau anda bisa juga membuka jasa atau mencari job melalui internet. Karena banyak yang membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang ini.

9. Game Desainer

Pernah main game buka? Perlu anda ketahui game yang anda mainkan pasti membutuhkan banyak visual. Entah visul dalam bentuk 2D atau 3D.

Semua unsur visual yang ada dalam game tersebut dibuat oleh desainer. Jadi bagi anda yang memiliki bakat dibidang modeling, 3D desainer, maka inilah pekerjaan desain grafis yang sangat cocok untuk anda.

Tidak hanya seorang programmer saja yang dibutuhkan ketika membuat game, namun seseorang yang ahli dalam bidang desain juga sangat dibutuhkan.

10. Komikus

Pekerjaan desain grafis berikutnya yakni dibidang komikus atau pembuatan komik. Bagi anda yang suka menggambar dan memiliki ide cerita yang menarik, tidak salah untuk menuangkannya dalam bentuk komik.

Jika memang komik yang anda buat banyak peminatnya, anda bisa mendapatkan imbas, entah dalam bentuk apresiasi atau yang lain.

Atau anda dapat menjual komik tersebut dalam bentuk fisik. Anda juga bisa mencoba mendaftarkan diri anda di perusahaan penerbit buku.

Jadi banyak sekali peluang kerja bagi para komikus. Baik itu membuka usaha sendiri atau ikut dengan orang.

11. Animator

Selama ini pasti anda sudah pernah menonton satu atau lebih film animasi. Perlu Anda ketahui, sebuah animasi dapat dibuat karena ada beberapa orang yang terlibat dalam pembuatanya. Salah satunya yakni seorang desainer animator.

Desainer animator sangatlah berperan penting dalam pembuatan sebuah animasi. Karena pada intinya semua komponen yang nantinya akan dibikin alur cerita harus didesain terlebih dahulu.

Desainer Animator adalah seseorang yang dimana ia bertugas untuk membuat berbagai ragam gambar yang nantinya akan dibentuk ilusi seolah-olah bergerak, pada kenyataannya itu hanya sebuah gambar yang banyak yang begerak cepat, atau biasa disebut frame.

Mungkin bagi anda yang suka membuat sebuah desain 3D akan cocok dengan pekerjaan desain grafis yang satu ini.

12. Font Designer

Dalam mendesain sesuatu hal, kita tidak akan lepas dengan sebuah font, terutama untuk desain yang banyak tulisannya, seperti banner, poster, dan undangan.

Font desainer akhir akhir ini mulai dilirik oleh para desainer. Karena masih sedikit persaingan sehingga banyak orang yang mencoba jalan baru dengan menjadi seorang yang merancang font.

Kemudian untuk mendapatkan uangnya bagaimana jika kita menjadi font desainer?

Mungkin ada yang menanyakan hal itu, pada intinya seorang font desainer mungkin tidak terlalu dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang fokus dibidang dunia kreatifitas.

Namun jangan salah, seorang font desainer bisa mendapatkan banyak income dengan cara menjual desainnya melalui marketplace.

Sudah banyak orang yang mencoba fokus dengan satu bidang ini dan sukses bisa menghasilkan ribuan dolar dari mendesain sebuah font.

Dan hebatnya lagi seorang font desainer yang sudah memiliki banyak portofolio di marketplace, ia bisa dibilang tidak kerja namun penghasilan tetap jalan, atau yang biasa disebut dengan pasive income.

Ada beberapa situs yang bisa anda jadikan tempat jualan diantaranya, graphiccriver dan creative market. Anda dapat mencoba menjual desain font anda dikedua situs tersebut.

13. Layout / Presentation Designer

Tidak hanya font desainer yang akhir akhir ini sedang naik, namun ada satu bidang desain yang juga sedang naik-naiknya, yakni layout desain atau presentation desainer.

Sebenarnya antara layout desain dan presentation desain berbeda, namun ada sebuah kemiripin, yakni pada sama sama menyusun agar tampilannya terlihat baik.

Untuk pekerjaan desain grafis dibidang ini masih sangat banyak. Namun ada pilihan lain selain bekerja pada perusahaan, yakni membuka usaha atau jasa untuk melayout atau membuat desain presentasi.

Masih sedikit orang yang membuka jasa ini, jadinya masih ada kesempatan besar bagi anda yang ingin fokus dengan salah satu jenis desain ini.

Atau anda juga bisa menjual desain melalui marketplace desain seperti halnya yang sudah saya jelaskan di atas.

14. Kontes Desain

Pekerjaan desain grafis selanjutnya bagi penggiat desain yakni mencari kontes desain. Dengan mencari kontes desain anda akan mendapatkan hadiah dari kontes tersebut.

Namun mungkin ada yang berfikir kontes desain tidak selama nya ada. Jika ada yang berfikiran seperti itu maka apa yang difikirkan itu salah.

Karena setiap hari pasti ada kontes desain yang baru. Contohnya ada di situs 99designs.com yang dimana setiap harinya ada kontes baru dari para kontestan.

Di situs tersebut ada berbagai kontes yang bisa anda pilih, seperti kontes desain logo, ilustrasi, website, kemasan dan lain sebagainya.

Tidak kalah menariknya, situs tersebut sudah dikenal diseluruh dunia, jadi para client nya dari berbagai negara. Jadi tiap harinya pasti ada kontes desain yang masuk.

Untuk hadiahnya dalam bentuk $, dan itu membuat kontes di situs ini lebih menarik. Selain itu, hadiah paling rendah dalam kontes logo yakni sekitar 190$ atau sekitar 2 juta rupiah. Angka yang tidak sedikit bukan?

Selain di 99design, ada juga situs kontes desain lokal. Yakni sribu.com, di situs tersebut anda juga bisa mengikuti kontes desain. Dan client yang ada sribu.com rata-rata dari Indonesia, sehingga hadiah yang anda dapatkan dalam bentuk rupiah.

15. Freelance Desain

Freeelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya sebuah ikatan tertentu dengan perusahaan atau seseorang yang memberikan kerjaan.

Salah satu contohnya yakni freelance desain. Bagi anda yang memiliki skill desain grafis dan bingung ingin bekerja diperusahaan apa atau ingin mencari kerja dibagian apa, mungkin menjadi freelance desain adalah jawabannya.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, gaji seorang freelance tergantung pada personalnya. Maksudnya, jika orang tersebut semangat dan terus berusaha untuk mencari job, maka bisa jadi gaji yang didapat lebih dari yang diinginkan.

Tetapi sebaliknya, jika dia malas-malasan, maka gaji yang didapat bisa jadi jauh dari yang diinginkan. Maka dari itu semua kembali ke personalnya masing masing.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba kerja dibagian ini, barang kali rejeki Anda ada di profesi ini. Jika anda ingin mencoba menjadi freelance desain, ada beberapa website yang bisa anda jadikan untuk mencari job atau kerjaan.

Diantaranya ada fiveer.com , sribulancer.com , freelancer.com . Ketiga website tersebut bisa anda gunakan untuk mencari client. Dan perlu anda ketahui juga, hingga detik ini, sudah banyak desainer terutama di Indoensia yang kesehariannya kerja dari salah satu situs tersebut.

Mungkin ada yang tanya gaji nya berapa perbulan, rata-rata gajinya di atas 300 ribu per bulan hingga puluhan juga perbulan.

Tapi semua itu harus anda lakukan dengan sungguh-sungguh dan juga kesabaran. Jika anda berminat, anda bisa langsung menuju ke salah satu situs di atas. Selamat mencoba.

16. Jasa Desain

Masih bingung juga ingin kerja apa? kalau masih bingung lebih baik anda membuka jasa desain aja. dengan skill desain anda pasti ada beberapa orang disekitar anda yang membutuhkan keahlian anda.

Misalkan ada tetangga yang sedang mau nikah, tawarin aja jasa desain anda untuk mendesain undangan pernikahannya, atau ada yang lagi membutuhkan banner untuk usaha jualan roti, coba anda buatkan desain lalu anda ajukan ke pemiliki usaha tersebut.

Dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan dari jasa desain. Anda juga bisa memasarkan melalui media sosial, diantaranya yang paling sering digunakan adalah facebook, instagram, dan juga twitter.

Tapi ingat, mungkin 1-4 bulan pesanan desain belum banyak, tapi dengan konsisten dan juga usaha yang maksimal, maka hasil tidak akan menghianati dan pesanan desain mungkin akan semakin banyak. Semua kembali kepribadi masing-masing.

17. Microstock Desain

Pekerjaan dibagian desain grafis yang terakhir yakni menjadi microstocker disebuah situs online. Microstock adalah sebuah situs yang dimana situs tersebut menjual atau menyediakan produk yang bisa dibeli oleh siapapun dengan harga tertentu.

Produk-produk yang ada di microstock dibuat oleh para kontributor yang mengupload produk nya disitus yang bersangkutan. Bahasa simpelnya seperti shopee yang dimana siapapun bisa membuat toko dan menjual produk.

Bedanya, microtock produknya dalam bentuk digital, namun marketplace produknya bisa dalam bentuk digital ataupun fisik.

Di situs microstock sendiri ada berbagai macam produk digital, salah satunya desain. Jadi bagi anda yang bisa membuat desain, anda bisa upload karya desain anda di situs microstock ini.

Dan ketika anda sudah memiliki banyak portofolio produk desain, dan ada yang beli desain anda, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh situs microstock.

Salah satu situs yang biasanya menjadi andalan para kontributor yakni shutterstock.com , disitus ini anda dapat mengupload desain dan apabila ada yang download desain anda, anda akan mendapatkan komisis paling kecil 0.25$ .

Coba bayangkan, jika anda sudah memiliki 1000 desain dan dalam sehari ada yang download 100 kali, maka ( 100 x 0.25 ) x 14000 (jika krus dolar 14000) maka dalam sehari anda akan mendapatkan 350.000.

Hebatnya lagi, jika anda sudah punya stock desain banyak, anda akan mendapatkan penghasilan tanpa harus kerja. Karena kerja anda sudah diawal awal ketika anda membuat stock desain. Dan anda tinggal menikmati hasilnya. Menarik bukan?

Selain di shutterstock, ada juga situs lain, diantaranya freepik, iconfinder, graphiccriver, dan creative market. Dari beberapa situs tersebut, anda bisa mencoba nya satu satu, namun sebelum anda mencoba alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu mengenai pengertian dan juga fungsi dari situs situs tersebut, anda bisa mencarinya di Google.


Demikian Macam-macam Pekerjaan Desain Grafis yang bisa saja Anda pilih jika memang sangat memahami dunia desain. Semoga dari sekian pekerjaan tersebut, ada satu yang memang anda minati dan anda bisa menjadi bagian darinya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat juga dengan artikel ini.

Terima kasih.

Tinggalkan komentar