Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Dasar dasar desain grafis

2 min read

dasar dasar desain grafis

Dasar desain grafis yang wajib anda pelajari bagi yang bercita-cita menjadi desainer. Banyak hal yang perlu dipahami ketika awal awal pembuatan sebuah desain apalagi bagi pemula yang baru pertama kali membuat sebuah desain. Pastinya tidak semudah yang dibayangkan.

Perlu Anda pahami juga bahwa menjadi desainer grafis itu tidaklah mudah, namun tidak begitu sulit juga.

Sebab tidak hanya membutuhkan skill dalam software desain yang digunakan, melainkan juga mempunyai taste dan minat yang besar pada desain grafis.

Selain itu anda juga harus memahami materi seputar desain terutama yang akan kita bahas ini mengenai dasar dasar pada desain grafis.

Saat ini menjadi seorang desainer grafis memang banyak di gandrungi dikalangan masyrakat. Penyebab utamanya adalah desain grafis adalah pekerjaan di dalam ruangan, jadi tidak perlu panas-panasan.

Selain itu faktor uang juga yang menarik perhatian, dimana hasil dari karya Anda dapat di jual di beberapa situs atau anda dapat menjadi seorang freelance desain.

Salah satu situs yang disana anda dapat menjadi freelance yakni sribulancer atau 99D.

Materi Dasar Desain Grafis

Hal ini jangan pernah Anda sepelekan, sebab beberapa dasar ini mempunyai peran penting dalam proses pembuatan karya.

Buat Anda yang ingin menjadi desainer maka wajib mengetahui dasar desain grafis di bawah ini, di antaranya :

Warna

Saat Anda membuat sebuah karya desain tanpa memperhatikan warna, bagaimana menurut pndapat Anda ?

Tentu karya anda tidak berhasil, berantakan, dan pasti akan jauh dari kata bagus.

Memang sih warna tampak sepele, namun Anda tahu bahwa warna mempunyai arti kepribadian seseorang.

Pemakaian warna di sebuah desain tentu akan memberikan emosi yang akan disampaikan ke otak siapa pun saat melihatnya.

Di sini kita ambil contoh yah, seperti warna hijau menggambarkan ketenangan atau kedamaian. Akan sama persis yang akan Anda rasakan saat melihat hamparan pohon atau rumput di taman.

Maka dari itu, Anda wajib memakai warna sesuai dengan karakter desain yang sedang Anda buat.

Saya pribadi ketika membuat sebuah desain masih belum bisa merasakan atau memilih warna yang tepat untuk desain saya. Perlu latihan dan terus latihan agar kepekaan kita terhadap warna terasah.

Karakteristik Bentuk

Sebuah bentuk akan terlihat jelas dari perpaduan garis yang saling bertemu.

Saya yakin dengan Anda mengetahui mata pelajaran matematika mengetahui bahwa ada bangun datar dan bangun ruang, ada lingkaran, segitiga, atau kubus.

Dengan Anda mengetahui karakteristik bentuk, hal itu tentu akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah karya desain atau Anda hanya iseng untuk memodifikasinya.

Kita dapat mengambil contoh, saat Anda ingin membuat sebuah persegi di software desain grafis. Dari persegi yang mempunyai sisi sama, dan bisa anda modifikasi lagi menjadi persegi panjang dari tools persegi yang ada dalam software tersebut.

Itulah yang dinamakan karakteristik dari setiap bentuk, dan masih banyak contoh lain dari setiap bentuk yang ada. Silahkan eksperimen sendiri, agar ilmu mengenai dasar dasar desain grafis anda terasah dan menjadi lebih baik lagi.

Pengaturan Komposisi

Saya yakin Anda pernah melihat sebuah desain dua dimensi yang tidak mempunyai kecocokan saat disajikan secara simetris atau bisa kita katakan asimetris lebih terlihat indah.

Sebagai contoh dapat Anda bayangkan gambar wayang kulit, di mana penggambaran dari wayang tersebut seimbang dan tampak lebih bagus.

Tetapi saat ini dengan perkembangan zaman yang semakin maju, malah membuat desain asimetris menjadi disukai.

Disini jenis desain apapun yang Anda pilih, baik itu simetris atau tidak, dengan memahami komposisi tentu akan membuat desain Anda tampak lebih bagus dan disukai banyak orang.

Saya akui bahwa ilmu yang satu ini memang tidak dapat hanya banyak dipelajari dari segi materi saja, melainkan Anda harus mecobanya. 

Saya sarankan untuk anda, sering seringlah berlatih, maka yakinlah bahwa desain akan lebih terasah. Jangan takut jika desain anda terlihat jelek. Saya pribadi meraskan sendiri jika selalu diasah skill tersebut maka akan semakin baik hasilnya.

Ketika saya melihat karya karya lama saya, saya pribadi juga merasa “jijik” dengan karya desain saya. Karna terlihat sekali perpeaduannya sama sekali tidak pas. Oleh karna itu selalu perhatikan hal hal sepele, sama halnya dasar dasar desain grafis ini.

Yang paling penting, Anda tidak boleh takut untuk mecoba beberapa software desain grafis. Beberapa rekomendasi software untuk desain grafis terbaik saat ini adalah adobe ilustrator, adobe photoshop dan corell draw.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa hal dasar mengenai desain grafis yang wajib dipelajari dan juga diperhatikan ketika pembuatan sebuah desain.

Jika anda mempraktekan maka bisa dijamin desain anda akan menjadi sebuah desain yang berkualitas dan tentunya diminati banyak orang.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *