Cara Buka Pola HP

Banyak sekali pengguna ponsel pintar yang mencari cara membuka pola HP karena ia lupa kunci layar smartphone-nya, baik itu menggunakan pola, PIN, atau kata sandi sehingga membuat ia panik dan terus-terusan mencoba sandi-nya.

Namun karena sering mencoba-coba kunci layar akhirnya secara otomatis sistem akan mengunci HP tersebut dalam beberapa detik. Setelah sekian detik baru dapat memasukan kunci layar kembali.

Walaupun setelah beberapa detik dapat memasukan kunci layar lagi, tapi jika tidak mengetahui kunci yang benar yang mana sama saja tidak bisa, dan jika memasukan secara asal-asalan lagi maka ponsel akan terkunci kembali, lalu pertanyaannya apa yang harus pengguna lakukan?

Secara normal jika pengguna tidak ingin repot dan bingung, pasti langsung menyerahkannya kepada teknisi HP, dan itupun berbayar. Lalu bagaimana yang tidak ada dana sedangkan dia butuh sekali menggunakan ponsel-nya?

Tenang tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka HP yang lupa kunci layar. Cara ini bisa diterapkan di beberapa merek HP seperti Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, Lenovo, dan beberapa brand lainnya.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka HP yang lupa pola atau terkunci. Simak sampai selesai dan silahkan praktik-kan.

Cara membuka pola HP yang lupa dan terkunci

Sebelum masuk ke-pembahasan, sebenarnya ada cara yang paling gampang, yakni dengan cara melakukan reset HP ke setelan pabrik.

Tetapi cara tersebut akan menghapus semua data internal Anda, baik itu aplikasi, foto, video maupun data-data lainnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk membuka HP yang lupa pola atau terkunci tanpa reset HP agar data Anda tidak hilang.


Secara garis besar ada 5 cara yang bisa Anda lakukan, untuk cara pertama dikhususkan bagi Anda yang masih menggunakan versi Android 4.40 (KitKat) ke bawah.

Sedangkan untuk versi Android 5.0 (Lollipop) ke atas tidak bisa menggunakan cara pertama karena fitur-nya sudah tidak ada, jadi silahkan langsung lompat ke cara kedua. Adapun caranya sebagai berikut ini:

Menggunakan fitur lupa pola atau sandi

1. Menggunakan fitur lopa pola atau sandi
Cara pertama membuka pola hp yang lupa yakni dengan menggunakan fitur lupa pola atau sandi.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara menggunakan fitur lupa pola bawaan sistem.

Sudah saya jelaskan di atas untuk cara ini hanya bisa digunakan untuk smartphone yang menggunakan versi Android 4.40 (KitKat) ke bawah.

Untuk yang menggunakan versi di atasnya silahkan langsung lompat ke cara berikutnya karena fitur ini sudah tidak ada lagi.

Bagi pengguna Android KitKat ke bawah, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan HP, akun google, dan koneksi internet.
  2. Nyalakan smartphone Anda terlebih dahulu.
  3. Pastikan HP dalam keadaan terhubung ke jaringan Internet.
  4. Kemudian saat hendak memasukan pola/sandi pilih Forgot Pattern dibagian bawah, jika tidak ada silahkan masukan pola (salah) sampai batas maksimal, maka akan muncul tombolnya (lupa pola/sandi) dan pilih opsi tersebut.
  5. Selanjutnya Anda akan diberikan beberapa opsi, silahkan pilih Enter Google Account details lalu next,(jika tidak ada opsi ini Anda akan langsung dialihkan untuk membuka pola melalui email google).
  6. Setelah itu silahkan masuk ke akun Google yang digunakan pada HP Anda.
  7. Kemudian klik Sign in.
  8. Setelah masuk ke akun Google Anda ada dua kemungkinan, pertama Anda bisa langsung merubah pola HP Anda, kedua Anda akan diberikan dua pilih, 1. Google akan mengirimkan beberapa pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh Anda, 2. Google akan mengirimkan pola baru melalui email.
  9. Jika setelah masuk ke akun Google bisa langsung merubah kunci layar, silahkan langsung Anda ganti ke yang baru dan setelah itu masukan kunci layar yang baru.
  10. Jika ternyata kemungkinan dua yang muncul, silahkan pilih opsi kedua untuk mendapatkan pola baru melalui email.
  11. Setelah itu login email Anda melalui perangkat lain dan dapatkan pola untuk membuka ponsel Anda.
  12. Kemudian masukan kunci layar ponsel Anda.
  13. Selesai, HP Anda sudah bisa dibuka kembali.

Cukup mudah bukan cara membuka pola HP tanpa reset. Dengan begitu, HP Anda sudah bisa digunakan kembali, dan pastikan Anda mengingat-ingat pola yang baru.

Untuk cara yang pertama ini memang sangat terjamin keberhasilan-nya, asalkan syarat-syarat yang diperlukan terpenuhi maka cara ini 100% akan berhasil.

Namun sayangnya cara ini hanya bisa digunakan oleh versi Android KitKat ke bawah, untuk pengguna Android Lollipop di atasnya silahkan gunakan cara yang ada di bawah ini.

Memanfaatkan fitur safe mode

2. Memanfaatkan fitur safe mode
Cara kedua yakni dengan memanfaatkan fitur safe mode

Cara kedua yakni dengan memanfaatkan fitur safe mode bawaan sistem. Fitur ini pada dasarnya berfungsi untuk menjalankan smartphone dalam keadaan mode terbatas.

Artinya jika Anda masuk dalam mode aman, maka hanya beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dalam mode ini, bahkan semua aplikasi yang sudah Anda install tidak bisa digunakan juga.

Baca juga: Cara menyalakan hp tanpa tombol power

Dari situlah kita akan memanfaatkan untuk menghapus pola kunci layar Anda, dengan syarat Anda membuat kunci layar menggunakan aplikasi (lockscreen) pihak ketiga.

Jadi, Anda tinggal masuk ke safe mode pada ponsel Anda, kemudian lakukan uninstall kapada aplikasi (lockscreen) pihak ketiga tersebut, selesai!.

Ingat! Cara ini hanya bisa digunakan apabila kunci layarnya menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan, bukan menggunakan kunci layar bawaan sistem HP

Untuk lebih detailnya, simak langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Silahkan masuk ke safe mode dengan cara matikan HP lalu hidupkan seperti biasa, ketika layar HP sudah menyala langsung tekan dan tahan volume bawah sampai HP berhasil booting.
  2. Jika berhasil Anda langsung akan masuk ke mode aman yang ditandai dengan adanya tulisa safe mode / mode aman di bagian ujung layar HP.
  3. Kemudian silahkan buka Pengaturan lalu masuk ke Pengaturan Aplikasi.
  4. Jika sudah cari aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan untuk kunci layar HP.
  5. Setelah itu silahkan unintall aplikasi tersebut.
  6. Kemudian restart HP Anda.
  7. Tunggu sampai proses booting selesai.
  8. Setelah selesai Anda akan langsung masuk ke halaman utama HP Anda
  9. Selesai, sekarang Anda bisa membuka HP Anda kembali.

Jika sudah berhasil maka kunci pola HP Anda secara otomatis akan hilang dikarenakan aplikasi yang digunakan untuk mengkunci layar sudah diuninstall.

Namun jika Anda ingin menerapkan kunci layar lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga, silahkan download ulang aplikasi tersebut kemudian setting ulang.

Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

3. Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)
Cara ketiga menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

Cara yang ketiga untuk membuka kunci layar HP tanpa harus kehilangan data yakni menggunakan Android Debug Bridge (ADB).

Untuk menggunakan cara ini, Anda tidak bisa melakukannya langsung menggunakan HP, Anda harus menyediakan satu perangkat desktop baik itu laptop atau komputer.

Satu hal yang paling penting dari cara ini yakni Anda bisa mencobanya untuk semua merek Android dan semua versinya, ada kemungkinan besarnya akan berhasil.

Untuk panduan lebih lengkapnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Silahkan unduh dan install software ADB Driver Installer, untuk download bisa klik disini.
  2. Kemudian buka software ADB dan setelah terbuka silahkan hubungkan HP dengan USB.
  3. Pada software ADB, silahkan klik Resresh dan jika HP sudah terdeteksi maka akan muncul datanya pada software, setelah itu klik Install.
  4. Jika sudah berhasil terhubung, kemudian silahkan unduh software ADB Fastboot Installer dengan cara klik disini.
  5. Setelah berhasil Anda unduh, silahkan install software tersebut, apabila menemukan notifikasi dan harus memilih Y/N silahkan ketik Y kemudian tekan Enter.
  6. Kemudian akan muncul beberapa informasi, silahkan klik Next sampai nanti akan ganti dengan tombol Finish.
  7. Jika proses di atas sudah berhasil, silahkan buka CMD dengan cara klik windows > ketikan CMD > klik kanan > Run as administrator ,jika muncul notifikasi silahkan klik yes.
  8. Jika sudah terbuka silahkan buka direktori ADB dengan cara ketikan perintah cd C:\\adb lalu tekan entar.
  9. Setelah berhasil pindah ke direktori ADB, silahkan jalankan perintah ini adb shell rm /data/system/gesture.key lalu tekan entar.
  10. Jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, silahkan restart HP Anda
  11. Selesai, pola pada smartphone Anda telah menghilang.

Catatan: Jika sudah berhasil masuk tanpa pola, silahkan langsung ubah kunci layar Anda dengan yang baru, dikarenakan ada kemungkinan besar kunci pola sebelumnya akan muncul lagi dalam beberapa waktu.

Memakai Situs Find My Mobile

4. Memakai situs Find My Mobile
Cara ke-4 memakai situs Find My Mobile

Cara yang ke-4 yakni menggunakan Find My Mobile. Cara ini hanya dapat digunakan untuk pengguna HP Samsung.

Baca juga: Cara mengatasi Imei tidak valid

Jadi, jika HP Anda bukan Samsung, silahkan coba menggunakan cara lainnya. Jika HP Anda Samsung, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Catatan: Pastikan sebelumnya Anda sudah login dengan menggunakan Samsung Account di Android Anda. Karena jika belum cara ini tidak dapat digunakan.

  1. Silahkan buka website Find My Mobile Samsung memakai prangkat lain.
  2. Kemudian login menggunakan Samsung Account yang menyambung dengan HP Anda.
  3. Setelah login, silahkan pilih perangkat yang Anda gunakan.
  4. Selanjutnya pilih menu Unlock untuk membuka pola HP.
  5. Nanti akan muncul informasi, silahkan klik Unlock.
  6. Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis kunci pola HP Anda sudah hilang.
  7. Selesai, smartphone Anda sudah berhasil dibuka.

Cukup mudah bukan untuk membuka pola HP yang lupa, teruntuk pengguna HP Samsung. Selain bisa untuk membuka pola, fitur Find My Device ini juga dapat untuk melacak keberadaan HP Samsung yang hilang.

Lakukan Factory Reset Hp (Opsional)

5. Lakukan Factory Reset HP
Cara terakhir melakukan Factory Reset

Cara terakhir yang bisa Saya bagikan jika ke-4 cara di atas tidak bisa digunakan yakni dengan cara melakukan Factory Reset HP atau bahasa lainnya mengembalikan HP ke setelan pabrik.

Walaupun tadi di atas saya mengatakan cara membuka pola Android tanpa kehilangan data, tapi jika semua cara di atas tidak bisa digunakan maka ini jalan terakhir.

Mungkin di luar sana ada cara lain yang bisa dicoba, namun jika sudah mencari-cari cara tidak ada yang berhasil, maka cara yang terakhir ini sudah pasti berhasil.

Catatan: Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda sudah siap kehilangan semua Data yang ada pada smartphone Anda. Hilangnya data atau kerusakan bukan tanggung jawab kami.

Untuk langkah-langkahnya bisa ikuti panduan berikut:

  1. Matikan terlebih dahulu ponsel Anda.
  2. Kemudian nyalakan kembali dengan menekan Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode.
  3. Jika tidak bisa masuk ke Recovery Mode silahkan cari cara di Internet untuk masuk ke mode tersebut pada merek HP Anda, karena setiap merek HP cara masuk ke Mode Recovery berbeda-beda.
  4. Setelah berhasil masuk, silahkan pilih opsi wipe data/factory reset dengan menekan tombol volume untuk perintah naik turunnya.
  5. Jika sudah tekan tombol Power untuk memilih dan nanti akan memasuki proses Factory Reset.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, dan setelah selesai silahkan pilih reboot system now untuk memulai ulang smartphone Anda.
  7. Selesai, HP Anda kini sudah kembali ke setelan pabrik dan pola sudah hilang.

Dengan begitu HP Anda sudah bisa digunakan kembali dengan catatan sekali lagi data-data Anda akan hilang semuanya.

Mau tau cara Factory Reset lainnya? simak artikel di blog ini mengenai cara Factory Reset hp disemua merek.

Jika dirasa data-data Anda penting dan Anda tidak ingin kehilangan semua data, silahkan bawa HP Anda ke service center agar dibantu langsung oleh teknisi yang sudah berpengalaman.


Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka pola HP Anda yang lupa atau terkunci, tidak hanya pola, kunci layar menggunakan PIN, sandi, dan lain-lain juga bisa Anda atasi.

Semoga cara-cara di atas dapat memberikan Anda solusi bagi yang sedang mencari jalan keluar untuk membuka HP. Saran saya cobalah cara di atas secara urut dari 1 sampai terakhir.

Bila mana cara 1 sampai 4 tidak berhasil, maka cara terakhir Anda bisa menggunakan cara ke 5 yakni mengembalikan HP ke setelan pabrik atau silahkan bawa ke tempat Service HP kepercayaan Anda.


Icons made by Freepik from www.flaticon.com

Tinggalkan komentar