Cara Factory Reset Hp

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk me-reset hp ke pengaturan pabrik atau yang biasa disebut factory reset.

Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Biasanya hal ini dilakukan karena ada keadaan yang memang harus melakukan hard reset android.

Seperti jika ingin menjual smartphone, menemukan bug, terinfeksi virus atau hal lainnya. Oleh karena itu berikut 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan hp ke pengaturan awal.


Cara Reset Smartphone Android ke Pengaturan Pabrik (factory reset hp)

Cara Reset Smartphone Android ke Pengaturan Pabrik (factory reset hp)
Cara Reset Smartphone Android ke Pengaturan Pabrik

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk me-reset hp ke setelan pabrik. Namun sebelum itu alangkah baiknya kamu melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat melakukan factory reset.

Seperti yang kamu ketahui melakukan cara ini akan menghapus seluruh data yang ada di Androidmu, baik itu data foto, video, aplikasi dan lainnya.

Oleh karena itu lebih baik kamu melakukan pencadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan cara berikut ini. Untuk caranya bisa kamu baca di artikel cara melakukan backup data hp.

Jika sudah melakukan backup data, langsung saja berikut beberapa cara reset hp kembali ke setelah pabrik lengkap dengan gambar.

Baca juga: Cara menyalakan hp yang benar

1. Reset Hp Melalui Recovery Android

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni melakukan reset hp melalui mode Recovery. Hampir semua smartphone memiliki mode ini baik itu keluaran terbaru atau lama.

Biasanya cara ini yang paling sering digunakan, karena memang yang paling mudah dan juga cepat. Sebelum melakukan sebaiknya posisi baterai hp penuh agar waktu proses berjalan hp tidak mati karena kehabisan daya.

Berikut caranya:

  1. Matikan terlebih dahulu Smartphone kamu dan pastikan posisi baterai penuh
  2. Hidupkan HP dengan menekan tombol Power + Volume Up / Volume Down secara bersamaan
  3. Tunggu beberapa detik sampai masuk ke mode recovery dalam posisi tombol jangan dilepas
  4. Jika sudah masuk ke mode recovery kemudian silahkan masuk ke jendela Wipe
  5. Setelah itu pilih Wipe Data atau Factory Reset
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses reset hp selesai

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp melalui mode recovery. Tidak hanya untuk melakukan reset saja, tapi ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan juga dalam mode ini.

Perlu menjadi catatan, untuk tombol masuk ke mode recovery setiap brand smartphone berbeda-beda. Bisa lihat tabel berikut ini untuk kombinasi tombolnya :

Merek HpKombinasi Tombol
SamsungPower + Volume Up + Home
AsusPower + Volume Up
Xiaomi Power + Volume Up
OppoPower + Volume Up

Dan masih banyak kombinasi tombol untuk masuk ke mode recovery dari setiap brand smartphone. Untuk pembahasan lebih lanjut bisa baca artikel Kombinasi Tombol Recovery Hp Android.

Baca juga: Cara mematikan hp yang benar

2. Cara Reset Hp Melalui Setelan

Untuk cara yang kedua kamu bisa me-reset hp melaluai setelan (halaman pengaturan) yang ada di Hp kamu. Caranya pun juga cukup mudah dan semua android pasti ada.

Berikut ini langkah-langkah untuk reset hp melalui halaman pengaturan:

1. Masuk ke halaman pengaturan

masuk ke halaman pengaturan

Silahkan masuk terlebih dahulu ke halaman pengaturan dengan cara menekan icon Setelan yang ada dibagian atas menu hp, atau bisa juga melalui aplikasi setelan.

2. Pilih menu cadangkan dan setel ulang

Pilih menu cadangkan dan setel ulang

Setelah sudah berhasil masuk ke halaman pengaturan, kemudian silahkan gulir ke bawah dan cari menu Cadangkan dan Setel Ulang silahkan tap menu tersebut.

Jika tidak dapat menunya, bisa manfaatkan fitur pencarian menu dan cari dengan kata kunci ” cadangkan dan setel ulang”

3. Pilih opsi “reset ke setelan pabrik”

Pilih opsi reset ke setelan pabrik

Kemudian akan muncul beberapa pengaturan, silahkan pilih yang bertulis “Reset ke setelan pabrik” dan tap pada opsi ini.

4. Reset Ponsel

pilih reset ponsel

Setelah itu akan muncul opsi lagi dan pilih yang reset ponsel. Nanti kamu disuruh memasukan pola untuk konfirmasi apakah benar ingin me-reset hp.

5. Tunggu proses sampai selsai

tunggu sampai selesai

Jika sudah silahkan tunggu beberapa saat hingga proses mengembalikan ke setelan pabrik selesai. Nanti hp akan dengan sendirinya restart dan selesai.

Itulan langkah-langkah mengembalikan hp ke setelan pabrik melalui pengaturan hp. Untuk prosesnya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 5-15 menit, jadi pastikan baterai hp kamu masih banyak agar tidak mati ditengah proses reset.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas

3. Reset Hp Menggunakan Kode Dial

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk reset hp yakni dengan menggunakan kode dial. Cara ini cukup praktis namun tidak semua smartphone bisa menjalankan cara ini.

Jadi cara ini semacam menggunakan shortcut untuk memerintahkan hp melakukan reset ke setelan pabrik. Untuk memulainya pastikan Android kamu sudah di-backup terlebih dahulu.

Berikut caranya:

  1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Dial Pad (phone)
  2. Kemudian ketikan *2767*3855#
  3. Setelah itu hp kamu akan secara otomatis memulai proses reset

Mudah sekali bukan?

Walaupun mudah, sama seperti yang sudah saya katakan di atas, tidak semua hp bisa melakukan cara ini. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone-mu bisa menggunakan cara ini atau tidak.

Jika ingin aman dan pasti berhasil kamu bisa menggunakan cara nomor 1 dan 2 yang menggunakan menu recovery dan halaman pengaturan hp.


Pertanyaan yang sering ditanyakan

Gimana caranya reset hp?

Cara melakukan reset hp ada 3, melalui recovery menu, halaman pengaturan, dan kode dial. Untuk cara lebih lengkapnya sudah saya jabarkan di atas.

Apakah mereset hp bisa menghilangkan data?

Me-reset hp ke setelan pabrik akan menghapus semua data anda yang ada di ponsel. Oleh karena itu backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Berapa lama waktu untuk reset hp?

Untuk proses reset hp kurang lebih memakan waktu 5-15 menit, tapi angka ini tidak 100% akurat, kembali lagi ke spesifikasi hp masing-masing.

Apakah mereset hp berbahaya?

Tidak, mereset hp tidak berbahaya, karena pengaturan ini diberikan langsung oleh setiap vendor smartphone masing-masing dan kita sebagai pengguna bisa memakainya jika ada alasan tertentu.


Itulah tadi 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan factory reset di smartphone Android kamu. Cara di atas dijamin berhasil dan bisa untuk semua merek dan juga tipe hp, dari keluaran terbaru sampai yang lama.

Cara reset hp di atas juga yang paling umum digunakan, jadi tidak perlu takut untuk melakukannya dan juga tidak susah.

Tinggalkan komentar