Pengertian dan Penjelasan CV (curriculum vitae) Daftar Riwayat Hidup

Apakah anda saat ini sedang di suruh membuat cv lamaran kerja ? Tapi, anda tidak paham atau mengerti apa sebenernya daftar riwayat hidup. Jika iya, maka artikel ini sangatlah cocok untuk anda baca dari awal hingga akhir agar anda lebih paham dan mengerti mengenai apa itu CV (Curriculum Vitae)

Pada dasarnya membuat CV untuk melamar kerja itu tidaklah susah. Namun membuat daftar riwayat hidup yang menarik dan juga kreatif itu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kita. Tidak semua orang dapat membuat CV sendiri. Ada sebagian kalangan orang yang harus memesan kepada jasa desain. Jika anda ingin membuat desain riwayat hidup sendiri, anda dapat melihat pada artikel diblog ini mengenai contoh desain CV yang menarik dan kreatif untuk melamar kerja.

Sebenarnya apa sih CV itu sendiri ?

Mungkin dari beberapa kalangan ada yang belum paham mengenai pengertian daftar riwayat hidup. Mungkin saja, anda yang membaca artikel ini juga sedang mencari definisi dari CV itu sendiri. Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut secara lengkap.
Pengertian dan Penjelasan CV (curriculum vitae)  Daftar Riwayat Hidup
pengertian cv

Apa itu CV/Daftar Riwayat Hidup

CV atau yang biasa disebut sebagai daftar riwayat hidup sebenernya setiap manusia yang hidup didunia ini semua memiliki hal tersebut. Tetapi tidak semua di antara mereka yang menuangkan atau mencatatnya dalam bentuk tulisan. Sehingga terkadang ada yang lupa atau tidak ingat. Padahal CV sendiri sangatlah penting dalam kehidupan pada saat ini yang hampir semuanya serba digital. 

CV (curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup adalah sebuah catatan baik itu dalam bentuk tulisan atau grafis yang berisi sebuah informasi data seseorang selama dia hidup, yang dimana tidak hanya berisikan mengenai data diri, namun juga berisikan informasi lainnya seperti riwayat pendidikan, daftar keahlian atau pengalaman kerja yang sudah dimilikinya.

Baca juga: mengenal fungsi bagian bagian pada corel draw

Dengan begitu daftar riwayat hidup bisa dikatakan juga sebagai dokumen seseorang untuk memperlkenal diri kepada sebuah perusahaan. Sehingga data yang terdapat di CV harus benar benar sesuai dengan orang yang bersangkutan dan sesuai fakta. 
contoh cv atau daftar riwayat hidup bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris
Biasanya daftar riwayat hidup berdampingan dengan surat lamaran kerja. Jadi antara keduanya bersifat satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Artinya jika dalam surat lamaran kerja anda meminta atau menawarkan posisi yang anda inginkan pada suatu perusahaan atau instansi, sedangkan daftar riwayat hidup atau bisa disebut juga CV sebagai pendukung kenapa anda pantas untuk menempati posisi tersebut. 

Baca juga: Contoh gambar poster atau slogan yang penuh makna

Maka dari itu setiap kita ingin melamar pekerjaan disebuah perusahaan atau instansi, pasti harus dilengkapi dengan Curriculum Vitae. Karena didalam CV tersebut kita menjelaskan secara mendetail mengenai riwayat hidup anda kepada pihak HRD, mulai dari informasi pribadi, pendidikan, pengalaman, keahlian. 

Setelah anda membuat CV dan diberikan kapada pihak perusahaan, maka dengan daftar riwayat hidup itulah anda akan dipertimbangkan, dan dengan itulah pihak HRD mengetahui latar belakang seseorang, potensi, dan apakah layak atau sesuai dengan kriteria pegawai yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: Contoh gambar pointilis yang simpel dan mudah di tiru

Oleh sebab itu, Curriculum Vitae dapat dibilang akan mempengaruhi seseorang diterima atau tidaknya dalam perusahaan. Itulah pentingnya daftar riwayat hidup atau CV untuk melamar pekerjaan.

Kesimpulan dan Penutup

CV atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilampirkan ketika anda melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi. Dengan adanya CV maka pihak perusahaan akan mengetahui seberapa potensinya anda.


Karena dalam daftar riwayat hidup terdapat identitas anda, pengalaman, pendidikan, dan juga keahlian anda. Jadi, CV sangatlah penting kita lampirkan ketika kita menyerahkan surat lamaran kerja kepada pihak HRD.

Semoga artikel tentang pengertian dan penjelasan mengenai CV atau daftar riwayat hidup ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya yang juga tidak kalah bermanfaat dari artikel ini. 

Terima kasih.