Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Utama Pada Corel Draw Secara Lengkap dan Jelas

Sebagai seorang desain grafis baik itu pemula atau yang sudah ahli/mahir sudah sepastinya harus mengetahui bagian-bagian dari tools yang terdapat pada Corel Draw. Dengan memahami fungsi serta kegunaan setiap fitur maka akan dengan sangat mudah dan terbantu ketika membuat sebuah karya desain grafis.

Corel Draw adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dimana berfungsi sebagai atau untuk membuat sebuah desain grafis berbasis vektor. Dengan fitur dan tools yang sangat mudah digunakan, software ini termasuk yang sering digunakan oleh para desainer untuk membuat sebuah seni digital, atau desain grafis. 

Pada dasarnya macam macam desain grafis sangat banyak, dengan menggunakan software ini hampir semua karya seni desain dapat kita buat dengan mudah. Tidak hanya itu, fungsi Corel Draw lainnya adalah untuk mengedit atau mengolah foto, namun itu bukan fungsi utamanya. 

Sebagai seorang desainer sudah sepastinya mengetahui apa saja fungsi bagian bagian dari software Corel Draw. Dengan mempelajari, memehami, dan juga mengetahui fitur atau bagian bagiannya maka anda kedepannya tidak perlu lagi mencari tutorial untuk membuat objek lingkaran, efek, segitiga, garis, atau objek lainnya. Selain itu anda kedepannya juga akan lebih mahir dalam menggunakan Corel Draw. 
Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Utama Pada Corel Draw Secara Lengkap dan Jelas
bagian bagian pada corel draw
Mungkin dari sebagian para pembaca yang membaca artikel ini ingin mengetahui fungsi dari setiap bagian bagian Corel Draw. Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap dan juga jelas dengan pengertiannya mengenai bagian bagian yang ada pada software Corel Draw. 
Sebelum itu ada baiknya jika anda masih seorang pemula dalam menggunakan Corel Draw. Saya sarankan untuk membaca artikel sebelumnya mengenai cara membuka dan membuat lembar kerja baru pada Corel Draw bagi yang belum mengetahui. Jika sudah mengetahui caranya, bisa melanjutkan membaca artikel ini sampai habis. 

Bagian-Bagian Corel Draw

Bagian bagian pada Corel Draw sangatlah banyak, ada yang dimana fungsinya untuk mengolah desain ada juga yang bukan. Dengan fungsi yang bermacam macam tersebutlah yang nantinya akan menghasilkan sebuah desain yang profesional dan baik. 
Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Utama Pada Corel Draw Secara Lengkap dan Jelas

Berikut bagian bagian Corel Draw beserta fungsinya serta penjelasannya: 

  • Title Bar

fungsi title bar pada corel draw
Title Bar adalah tempat dimana judul/nama file ditampilkan. Biasanya untuk setelan default nama file masih dengan nama Untitled-1. Jika ingin merubahnya cukup menyimpan lembar kerja anda dengan menekan CTRL+S dan save sesuai dengan nama yang anda inginkan. Maka nanti title bar akan berubah dengan nama file yang anda simpan dan dimana anda menyimpan file tersebut.

  • Menu Bar

fungsi menu bar pada corel draw
Menu bar merupakan dimana terdapat menu-menu yang memiliki fungsi bermacam macam. Dimenu bar sendii terdapat menu yang berfungsi untuk menampilkan fitur fitur tambahan dalam Corel Draw. Menu menu yang terdapat di menu yakni: File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Table, Tools, Windows, dan Help

Baca juga: Software aplikasi desain grafis yang sering digunakan untuk membuat desain

Untuk pengertian atau fungsi fungsi dari menu menu tersebut akan saya bahas pada artikel lainnya. Agar tidak campur dengan artikel ini yang membahas bagian-bagian utama pada Corel Draw

  • Toolbar / Standar Bar

fungsi toolbar atau standar bar pada corel draw
Toolbar atau yang biasa disebut dengan stand bar adalah sekumpulan fitur fitur yang dimana berfungsi untuk mempermudah penggunaan. Biasanya toolbar ini berada di bagian atas Corel Draw. Salah satu fitur yang terdapat di toolbar yang sangat berguna yakni fitur save, open, copy, paste, undo, redow. Selain itu di toolbar sendiri ada satu keterangan mengenai besar atau pembesaran lembar kerja, atau yang bisa di sebut dengan zoom. 

  • Property Bar

fungsi property bar pada corel draw
Propert Bar adalah berisi fitur yang dimana aktif atau muncul sesuai dengan apa yang sedang di klik. Misalkan pengguna mengklik tools tertentu atau sedang membuat sebuah objek, maka fitur yang muncul sesuai dengan apa yang sedang di klik atau aktif (Active Tools).

Baca juga: kelebihan dan kekurangan aplikasi desain vektor

Maka dari itu property bar akan berubah rubah dan tidak menetap. Coba anda buktikan sendiri, jika anda sedang mengklik lembar kerja kosong, maka yang akan muncul ada sebuah pengaturan lembar kerja, mulai dari lebar atatu tinggi lemebar kerja, atau ukuran lembar kerja, serta satuan apa yang digunakan dalam ukuran di Corel Draw. Misalkan pixels, cm, mm, dst. 

  • Control Windows

fungsi control windows pada corel draw
Control Windows adalah fitur atau tombol pengatur yang biasa terdapat di pojok kanan atas yang berfungsi untuk pengaturan tampilan jendela Corel Draw. Biasanya di Control Windows terdapat dari beberapa fitur yakni, minimize, maximize, restore, close. 

  • Toolbox

fungsi toolbox pada corel draw
Toolbox adalah salah satu bagian yang biasanya jika masih dalam keadaan setelah default berada di bagian kiri layar Corel Draw. Dalam bagian ini terdapat berbagai macam tools atau alat alat yang mendukung untuk pembuatan desain. 
Terdapat berbagai macam tools dalam toolbox itu sendiri. Tools atau alat alat tersebut berfungsi untuk membuat, mengisi, atau memodifikasi suatu objek dalam software Corel Draw. 

Untuk pembahasan apa saya tools yang tedapat di toolbox akan saya bahas dalam artikel lainnya agar tidak terlalu panjang pembahasan dalam artikel ini. 

  • Drawing Window

fungsi drwaing window pada corel draw
Drawing window adalah tempat dimana anda dapat membuat atau memodifikasi suatu objek namun di luar drawing page (lembar kerja). Biasanya jika anda membuat sebuah objek di luar drawing page atau dalam drawing window dan anda pindah ke page atau halaman selanjutnya maka objek tersebut masih ada. Beda halnya jika anda membuat atau mengedit sebuah objek dalam drawing page dan jika pindah halaman maka objek tersebut tidak ada di page selanjutnya atau page lainnya. 

  • Drawing Page

fungsi drawing page pada corel draw
Drawing Page adalah tempat dimana anda membuat, mengedit, memodifikasi suatu objek. Drawing page bisa disebut juga dengan lembar kerja. Untuk ukuran lembar kerja dapat berbeda beda tergantung seberapa lebar atau panjang nya anda mengatur lembar tersebut. Namun jika setelah default biasanya ukuran A4. 
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, jika anda membaut atau memodifikasi sebuah objek dalam drawing page dan anda pindah ke page/halaman lainnya, maka objek tersebut tidak terdapat di halaman lainnya. Beda halnya dengan drawing window yang sudah saya jelaskan di atas  tadi. 

  • Ruler

fungsi ruler pada corel draw
Ruler adalah sebuah batas atau bisa disebut juga dengan penggaris yang berbentuk horizontal dan verital yang terdapat di tepi lembar kerja. Dengan ruler ini kita dapat menggunakannya untuk mengukur ataupun untuk menaruh objek pada posisi tertentu agar lurus. Biasanya saya pribadi menggunakan ruler untuk meluruskan objek satu dengan objek lainnya. 

  • Color Palette

fungsi color palette pada corel draw
Color Paltte adalah tempat dimana anda dapat menentukan ingin memberikan warna apa pada sebuah objek. Biasanya jika masih dalam setelan default, color palette terletak di bagian kanan aplikasi. 
Untuk warna sendiri terdapat beberapa jenis, ada warna CMYK dan RGB, dari jenis jenis tersebut memiliki jenis warna yang berbeda dan hasil yang berbeda serta kegunaan yang berbeda, untuk pembahasan lebih lanjutnya anda dapat membaca pada artikel lainnya mengenai perbedaan warna CMYK dan RGB

  • Document Navigator

fungsi document navigator pada corel draw
Document Navigator adalah tempat dimana anda dapat menambah atau berganti halaman. Alat ini baisanya terdapat di bawah pojok kiri software. Dengan fitur ini anda dapat menambha, mengurangi, atau berpindah halaman. Biasanya fitur ini digunakan untuk membuat sebuah buku ataupun e-book atau sesuatu yang membutuhkan lebih dari 1 halaman. Jika hanya membuat logo atau spanduk tidak perlu membuat halaman berikutnya. 

  • Status Bar

fungsi status bar pada corel draw
Status bar adalah tempat dimana yang menampilkan objek mana yang sedang aktif (di klik) dan posisi kursor di jendela serta warna apa yang digunakan pada objek yang aktif tersebut.

  • Navigator

fungsi navigator pada corel draw
Navigator adalah fitur dimana anda dapat menggunakannya untuk memperkecil ukuran drawing window. Alat ini biasanya terdapat di pojok kanan bawah drwaing window.

Baca juga: Pengertian desain grafis berbasis bitmap 

  • Docker

fungsi docker pada corel draw
Docker adalah tempat dimana terdapat fitur fitur atau perintah tertentu (pengaturan) yang memiliki berbagai macam kegunaannya. Untuk fitur fitur nya sendiri dapat anda tambahkan sesuka hati anda. Tinggal anda membutuhkannya atau tidak. Kalau saya pribadi ada beberapa fitur yang saya tambahkah, diantaranya: transformations, countour, objet manager, dan text properties. Dari sekian fitur tersebut sangat membantu saya dalam proses pembuatan, pengeditan, dan memodifikasi suatu objek.

  • Tab Navigation

fungsi tab navigation pada corel draw
Tab Navigation adalah fitur dimana anda dapat berpindah atau menambah lembar kerja baru tanpa perlu menutup atau membuka ulang Corel Draw. Alat ini terdapat pada Corel Draw versi X7 ke atas hingga yang terbaru saat ini. Biasanya saya menggunakan nya jika ingin membuat sebuah desain baru atau melakukan export ke salah satu objek. 
Mungkin ada yang perbedaan antara Tab Navigation dengan Document Navigator. Dari kedua alat tersebut sangatlah berbeda. Jika tab navigation membuat lembar kerja baru dan tidak satu file dengan lembar kerja sebelumnya, berbeda dengan document navigator yang membuat atau berpindah ke halaman baru tetapi masih dalam satu file. 

Kesimpulan dan Penutup

Dari sekian banyak bagian bagian utama pada software desain grafis Corel Draw tersebut. Dapat kita simpulkan semua alat ataupun fitur tersebut digunakan untuk mempermudah ketika melakukan pembuatan, pengeditan, atau memodifikasi suatu desain maupun objek. 

Saya pribadi hampir semua fitur tersebut saya gunakan, karena dengan menggunakan nya pekerjaan lebih mudah. Oleh sebab itu jika anda ingin menjadi desainer yang handal atau bisa membuat desain yang baik dan profesional, alangkah baiknya anda memngerti fungsi dari setiap fitur fitur tersebut. 
Dengan mengerti dan memahami apa kegunaanya, anda akan sangat mudah dan terbantu ketika pembautan sebuah desain. 

Pengalaman pribadi, banyak teman teman saya yang kurang memahami dan mengerti dari setiap fitur fitur yang ada. Jadi ketika membuat sebuah objek atau membuat sebuah efek ada yang manual membuatnya dengan pan toll. Padahal Corel Draw sudah membuat fiturnya. Jadi dengan memahaminya maka akan sangat terbantu.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas pada artikel ini mengenai fungsi bagian bagian utama pada software Corel Draw. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa membaca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat juga dengan artikel ini. 

Jika ada salah kata atau pengertian dari setiap menu pada Corel Draw bisa tinggal komen dengan disertakan fungsi yang sebenarnya.

Terima kasih.
BERIKAN KOMENTAR ()