Search here and hit enter....

Pengertian Tipografi Dalam Dunia Desain Grafis Yang Wajib Diketahui

Pengertian tipografi dalam dunia desain grafis memliki banyak arti. Yang dimana setiap orang mengartikan atau menerjemahkannya berbeda beda. Tetapi pada intinya hampir sama semua.

Dalam desain grafis, tipografi juga memiliki peran penting. Karena dengan ilmu tipografi akan dengan mudah menambah nilai seni dalam sebuah desain.

Pada dasarnya tipografi adalah sebuah ilmu yang memilah dan menata huruf pada penempatan tertentu yang bertujuan untuk menambah nilai estetika.
Pengertian Tipografi Dalam Dunia Desain Grafis Yang Wajib Diketahui
pengertian tipografi
Tapi ada arti atau terjemahan lain dari tipografi. Oleh sebab itu pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian tipografi dalam dunai desain grafis.

Pengertian Tipografi

Sesuai yang saya katakan tadi bahwa tipografi memiliki banyak arti. Yang dimana setiap pengertian tersebut didasari oleh pemahaman perorangan. Yang pada dasarnya mengarah pada penyusunan sebuah huruf. 

Tipografi adalah seni dan teknik menyusun huruf, kata, kalimat, paragraf pada sebuah ruang yang sudah tersedia sehingga menghasilkan kesan tertentu yang walaupun disusun tidak seperti tulisan biasanya namun dapat dengan mudah dimengerti dan dibaca. 

Pada dasarnyai itulah pengertian tipografi yang dapat dengan mudah dipahami. Menurut para ahli pun banyak penjelasan dan juga opini mengenai tipografi sendiri. Tapi pada dasarnya semua menunjuk hal yang sama. 

Baca juga: Pengertian Nirmana Dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis sendiri tipografi merupakan hal yang sangat harus dipahami, dan juga dikuasi. Karena dengan menggunakan teknik tipografi, sebuah desain akan lebih terlihat profesional dan lebih menambah nilai estetika. 

Hingga saat ini banyak macam macam dan juga contoh contoh desain grafis tipografi yang sudah dibuat oleh banyak orang yang tersebar di berbagai macam media. Yang semuanya mempunyai maksud dan tujuan dibuatnya. 

Baca juga: Pengertian Grafiti

Sejarah tipografi pun juga memiliki perjalanan yang panjang yang dimana dimulai ketika bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux menggunakan bahasa piktogram. Mungkin tidak perlu saya bahas lebih lagi mengenai sejarah tipografi karena pada artikel ini hanya ingin fokus mengenai pengertian. Mungkin bisa saya bahas di artikel lainnya yang bisa fokus pada sejarahnya. 

Kesimpulan

Itulah pengertian tipografi yang pada intinya hanya memjerumus pada penyusuanan sebuah kata atau huruf yang dimana akan menjadi tidak seperti biasanya yang menimbulkan nilai estetika tapi tetap dapat dibaca.

Baca juga: Perbedaan web designer dan developer 

Mungkin itu yang bisa saya bahas pada artikel ini mengenai pengertian tipografi dalam dunia desain grafis. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya yang tidak kalah menarik dan juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Terima Kasih
BERIKAN KOMENTAR ()