Memahami Pengertian Negative Space Dalam Dunia Desain Grafis

Apakah Anda pernah melihat sebuah desain, tanpa Anda sadari Anda suka banget dengan desain tersebut. Numun Anda tidak tahu pasti dimana letak sesuatu yang Anda sukai itu. Di lihat dari typefont-nya biasa saja, ilustrasi-nya juga standar, komposisi warna yang digunakan juga tidak terlalu WOW.

Jika Anda pernah melihat sebuha desain dan Anda mengalami hal demikian maka kemungkinan besar alasan Anda menyukainya ialah karena jumlah Negative Space yang dimilikinya. Negative space juga di sebut ruang kosong. Apa sih negative space itu ? Mari kit palajari secara rinci dalam artikel ini.
Memahami Pengertian Negative Space Dalam Dunia Desain Grafis
pengertian negative space

Mengenal Negative Space Secara Detail

Negative Space atau ruang negatif ialah ruang kosong atau terbuka atau ada juga disebut White Space di sekitar objek dalam sebuah desain, dalam sebuah area tata letak yang dibiarkan kosong. Hal itu terkadang  tidak hanya di sekitar objek saja yang bakal tempatkan, namun juga bisa di antara objek atau bahkan juga di dalamnya. Negative Space ialah semacam ruang bernafas untuk semua objek di halaman atau layar sebuah gambar utuh.

Baca juga: Pengertian nirmana dalam dunia desain grafis

Ruang negatif atau Negative Space dalam desain grafis sering terlihat dalam logo, pada ilustrasi gambar, poster dan huruf kreatif. Negative Space akan menjadi bagian aktif dari presentasi visual yang membuat objek-objek utama  dapat terlihat lebih ekspresif. Ruang negatif atau Negative Space mempunyai dampak besar pada komposisi dan bagaimana Desain Anda bisa enak di pandang mata. Saat sebuah desain tidak mempunyai ruang negatif yang cukup pada sebuah desain, meskipun gambar tersebut mungkin sederhana, akan terlihat ramai dan rumit di pandang mata.

Baca juga: Mau jadi ahli desain ? Wajib mengertahui pengertian tipografi

Saya yakin Anda sudah tahu bahwa logo di atas adalah logo Fedex yang sangat terkenal di seluruh dunia. Jika Anda melihat sekilas saja mungkin hanya melihat tulisan FedEx saja, kan? Tetapi apabila dilihat secara sesama, ada ruang kosong di antara huruf e dan juga  x yang membentuk sebuah anak panah, kan ? Yapz.. gambar anak panah itu yang dinamakan negative space. Sang pembuat logo tersebut tentu melakukannya dengan sengaja. Dengan menempatkan sebuah simbol panah di dalam logo tersebut, secara tidak langsung mengatakan bahwa  jasa pengiriman adalah sesuatu yang brilian!

Keutamaan Menggunakan negative Space

Secara keseluruhan pembahasan tentang negative space, maka dapat kita tarik kesimpulan bagaimana pentingnya menggunakannya. Beberapa keutamaan menggunakan negative space di antaranya sebagai berikut :

  • Memberikan efek emphassis, focal point, dan pembeda elemen desain.
  • Memberikan efek Fokus terhadap suatu elemen desain.
  • Membuat desain tersbut mudah dibaca dan di mengerti.
  • Menyajikan alur baca pada sebuah desain tersebut.
  • Membuat karya desain lebih elegan dan terlihat mahal.
  • Memberi desain nyawa sehingga terlihat seimbang
  • Memberikan efek seakan desain berkomunikasi antara elemen-elemen lain didalamnya.

Baca juga: Pengertian grafiti yang wajib diketahui bagi yang suka menggambar

Efek dari pemakaian negative space atau ruang kosong memiliki proporsi tertentu dalam harmonisasi suatu desain. Anda harus ingat bahwa desain layaknya sebuah bangunan yang saling mengokohkan untuk beridir tegak. Untuk membentuk sebuha efek emphassis misalnya yah kita akan menambahkan sebuha warna pada objek elemen desain dengan skala besar. Yang pasti ada begitu banyak cara untuk menimbulkan suatu kesan dan mengelola elemen dalam desain tersebut. Salah satu yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan whitespace ruang kosong secara efektif yah.