Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

Unsur unsur nirmana merupakan hal yang paling dasar yang harus dipahami dan juga dipelajari. Pada dasarnya pengertian nirmana adalah sebuah penyusunan elemen-elemen visual seni rupa yang diantaarnya, titik, garis, warna, bidang, ruang, dan tekstur.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas lengkap mengenai pengertian nirmana. Nirmana sendiri memiliki banyak fungsi dan juga kegunaan dalam bidang seni rupa. Yang dimana hampir semua seniman pada terpacu pada konsep nirmana ini.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya
Unsur unsur seni rupa
Pada artikel kali ini saya akan membahas lengkap dengan penjelasannya mengenai unsur unsur nirmana. Yang dimana nantinya agar menambah wawasan serta ilmu seputar seni rupa.

Unsur-unsur Nirmana

Pada dasarnya unsur dasar nirmana dibagi menjadi 7 poin yang menjadi pembentuk sebuah karya seni rupa yang di antaranya adalah titik, garis, bidang, bentuk, velomue, warna, dan tekstur. Berikut penjelasan lebih lengkapnya : 

1. Titik

Titik merupakan salah satu unsur seni rupa dua dimensi yang paling mendasar. Yang dimana semua bidang, maupun gambar, atau garis berawal dari sebuah titik yang menjadi satu kesatuan. Oleh sebab itu titik adalah unsur paling mendasar dari pada yang lainnya.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

2. Garis

Garis adalah sebuah unsur seni rupa yang kedua yang dimana garis barawal dari sebuah titik yang digabungkan menjadi satu kesatuan yang akhirnya menjadi sebuah garis.

Baca juga: Unsur unsur desain grafis yang wajib diketahui

Garis memiliki banyak macam bentuk dan juga jenis. Ada garis panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, brombak, vertikal, horizontal, diagonal, dan lain sebagainya.

Dari beberapa jenis dan juga bentuk garis tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Serta tujuan untuk apa garis tersebut di gunakan dalam pembuatan seni rupa.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

3. Bidang

Unsur selanjutnya yakni bidang. Bidang adalah sebuah bentuk yang terbentuk oleh beberapa garis yang menjadi satu. Bidang sendiri pun tidak memiliki sebuah ruang atau dapat dikatakan berbentuk dua dimensi atau bisa disebuat tidak memiliki sebuah volume.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

4. Bentuk

Bentuk adalah sesuatu yang dimana dapat kita lihat dan diterima oleh persepsi kita yang menyerupai sesuatu. Biasanya bentuk hanya berupa bidang geometris. Contohnya seperti bujur sangkat, lingkaran, garis menyilang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian grafiti

Bentuk dibagi menjadi dua jenis. Yakni bentuk dua dimensi dan bentuk tiga dimensi. Perbedaannya terdapat pada volumen, jika dua dimensi tidak memiliki volume atau bisa disebut subu Z sedangkan bentuk 3 dimensi memiliki volume.

5. Volume

Unsur yang kelima adalah volume. Volume merupakan suatu bidang yang memiliki ruang. Disinilah letak perbedaan antara bidang dan volume. Jika bidang tidak memiliki ruang sedangkan volume memiliki ruang atau bisa disebut 3 dimensi lengkap yaitu X,Y,Z. 

Dalam Nirmana Dwimatra disebutkan bahwa volume bukan merupakan suatu objek 3 dimensi yang sebenarnya, namun hanya bersifat ilusi yang mengelabui mata.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

6. Warna

Warna adalah hasil dari pantulan cahaya terhadap suatu benda yang memiliki sebuah pigmen tertentu. Warna juga merupakan sebuah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh sebab itu warna tidak akan ada jika tidak terdapat sebuah cahaya.

Baca juga: Ketahui beberapa prinsip prinsip desain grafis

Setiap warna muncul karena reaksi terhadap cahya putih yang dimana mengenai suatu permukaan dan permukaan tersebut memantulkan sebagian dari spektrum. Proses terjadinya warna tersebut karena disebabkan oleh vibrikasi cahaya putih. 

7. Tekstur

Tekstur merupakan sebuah nilai raba permukaan baik itu secara nyata maupun semua atau hanya dapat dilihat oleh indra mata.  Tekstur pada dasarnya mengacu pada sebuah karakteristik permukaan bentuk.
Unsur Unsur Nirmana Lengkap Beserta Penjelasannya

Setiap bentuk yang ada pasti memiliki permukaan dan setiap permukaan tentu memiliki sebuah karakteristik tertentu yang dapat dibedakan sebagai halus, kasar, polos, dekoratif, matt, glossy, dan lembuat.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa unsur yang pada dasar dari ketuju unsur tersebut merupakan unsur paling dasar dari seni rupa. Yang diantaranya ada titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan tekstur. 

Dengan membaca artikel ini maka wawasan anda mengenai unsur unsur nirmana sudah terpenuhi dan semoga artikel ini dapat dengan mudah di pahami. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
BERIKAN KOMENTAR ()