Search here and hit enter....

Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Dalam Desain Grafis dan Contohnya

Perbedaan vektor dan bitmap dalam desain grafis sudah sapastinya harus diketahui oleh setiap desainer. Karena dengan memahami akan perbedaan 2 format graphic ini nantinya dapat membuat sebuah karya desain dengan hasil yang bagus, berkualitas dan juga sesuai kebutuhan.

Oleh sebab itu alangkah baiknya setiap orang yang ingin membuat sebuah desain harus mengetahui akan satu topik ini mengenai vektor dan juga bitmap. Mulai dari pengertian desain vektor dan juga pengertian desain bitmap juga harus dipelajari. 

Mungkin sudah banyak yang mengerti jika format vektor dan bitmap memiliki perbedaan. Perbedaan inilah yang akan membedakan untuk media apa desain kita dibuat atau ketika mencetak dan memindahkan hasil desain kita ke media yang lain agar tidak blur dan juga sesuai. 
Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Dalam Desain Grafis dan Contohnya
Perbedaan Vektor dan Bitmap
Pada artikel kali ini, penulis akan membahas akan hal mengenai perbedaan gambar vektor dan raster (bitmap) 

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Dari kedua jenis format gambar ini, ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok dan itu menjadi salah satu kelemahan di antara keduanya. Berikut penjelasannya : 

1. Perbedaan Berdasarkan Ukuran File (size)

Dalam format ukuran file vektor dan bitmap ada perbedaannya. Jika kita melakukan export gambar atau menyimpah file, maka format gambar bitmap akan menghasilkan ukuran file yang lebih besar dari pada file vektor. 

Itulah yang akan membedakan kualitas dari keduanya. Tetapi kedua nya sama sama penting, tinggal untuk media apa desain yang kita buat. 

2. Perbedaan Vektor dan Bitmap Ketika di Perbesar (zoom)

Perbedaan selanjutnya antara vektor dan bitmap yakni terdapat pada ketika waktu melakukakan zoom (memperbesar) gambar. Maka terlihat jelas sekali ada perbedaan antara vektor dan bitmap.

Baca Juga : Hal hal yang harus diperhatikan ketika membuat logo

Perbedaan yang satu ini dapat anda praktekan atau anda uji coba sendiri dengan membandingan dua gambar. Gambar pertama berformat vektor dan gambar kedua berformat bitmap. Maka perbesarlah kedua gambar tersebut dan anda akan melihat hasilnya.

ketika gambar vektor di zoom atau diperbesar maka gambar tersebut tetap terlihat jelas dan tidak blur maupun pecah. Sedangkan gambar berformat bitmap ketika diperbesar maka akan terlihat pixel pixel nya atau seperti kotak kotak dalam game minecraft.

3. Perbedaan Susunan Antara Vektor dan Bitmap

Setiap gambar yang kita buat pasti tersusun dari suatu hal. Begitu pula dengan vektor dan bitmap. Di antara kedua jenis tersebut terdapat perbedaan juga dalam segi susunan.

Grafis vektor tersususn dari sebuah garis dan juga kurva dan juga path yang terdiri dari line segment dan juga note (titik) atau bisa disebut dengan anchor point

Sedangkan grafis bitmap tersusun dari sebuah titik atau yang biasa disebut dengan pixel, beragam warna. Pixel yang tedapat diformat ini tersebar dalam bentuk pola grid.

4. Perbedaan Pada Sifat 

Perbedaan vektor dan juga bitmap pada poin ini sebenarnya hampir sama dengan poin no dua. Antara kedua format tersebut memiliki sifat yang berbeda beda dan itu sangat mempengaruhi.

Baca Juga: Desainer harus mengetahui macam macam desain 

Jika vektor memiliki sifat yang dimana format ini tidak terpengaruhi oleh resolusi. Tetapi sebaliknya desain bitmap sifatnya sangat dipengaruhi oleh resolusi.

Sifat ini yang berdampak ketika melakukan zoom (memperbesar) gambar. Ketika anda memperbesa kedua gambar vektor dan bitmap maka akan nampak jelas sifat masing masinf jenisnya.

5. Perbedaan Pada Kegunaan atau Fungsi

Perbedaan yang lain terdapat di fungsi atau kegunaannya. Mungkin ini salah satu hal yang harus dipelajari oleh para desainer dan juga harus diperhatikan. Karena ketika kita membuat sebuah desain kita harus melihat media apa yang akan di tuju.

Setiap media penyampian atau media tempat sebuah desain memiliki sifat dan juga syarat khusus agar nantinya sebuah desain akan pantar dan juga baik diletakan dimedia tersebut.

Baca Juga: Contoh desain grafis terbaik dan bisa menjadi inspirasi

Jika kita menginginkan sebuah desain yang nantinya akan digunakan dimedia online, seperti website atau media digital lainnya. Maka sangat cocok dan sangat direkomendasikan menggunakan format vektor.

Sedangkan media yang ingin ditargetkan atau ingin digunakan yakni media cetak. Maka gambar yang cocok atau pantas yakni gambar yang berfomat bitmap. 

Antara bitmap dan juga vektor memiliki kegunaan dan juga fungsi nya masing masing. Oleh sebab itu harap diperhatikan ketika membuat sebuah desain.

6. Perbedaan Format Penyimpanan

Perbedaan keenam yakni terdapat pada format penyimpanan. Untuk format penyimpanan antara vektor dan bitmap berbeda.

Untuk format penyimpanan desain berbasis vektor yakni dengan format AI, CDR, dan EPS. dan untuk bitmap yakni JPG, PNG, JPEG, BMP.

Dengan perbedaan format penyimpanan ini juga mempengaruhi software yang digunakan untuk mengolah gambar antara bitmap dan vektor berbeda.

Pada artikel sebelumnya di blog ini sudah pernah di bahas secara detail mengenai macam macam aplikasi pengolah gambar bitmap dan vektor. 

7. Perbedaan Software Pengolah Vektor dan Bitmap

Di poin sebelum saya sudah memberi tahu bahwa aplikasi pengolah antara desain bitmap dan juga vektor itu berbeda. Poin ini juga sangat penting untuk dipelajari dan juga di mengerti. 

Untuk program pengolah vektor sendiri terdapat berbagai aplikasi di antara lain sebagai berikut :
  • CorelDraw
  • Adobe Ilustrator
  • InkScape
Jika untuk pengolah gambar bitmap yakni :
  • Adobe Photoshop
  • GIMP
  • Corel Photo Paint
Jika ingin membaca pembahasan mengenai macam macam sfotware desain grafis pengolah gambar bitmap dan vektor bisa baca di blog ini. Atau mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi vektor dan juga kelebihan dan kekurangan sfotware bitmap juga sudah pernah dibahas lengkap pada blog ini.

Kesimpulan Perbedaan Vektor dan Bitmap 

Itulah 5 perbedaan antara desain grafis vektor dan juga bitmap. Jika dari penjelasan satu persatu di atas anda kurang paham dan tidak bisa menarik sebuah kesimpulan. 

Maka anda bisa melihat dan juga memperhatikan gambar berikut ini mengenai perbedaan di antar dua format desain tersebut. Jika perlu bisa di download juga agar bisa menjadi pembelajar.
Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Dalam Desain Grafis dan Contohnya
Perbedaan vektor dan bitmap

Penutup

Mungkin itu saja pembahasan dalam artikel ini mengenai perbedaan vektor dan bitmap. Semoga dengan penjelasan di atas ilmu dan juga keterampilan para pembaca semakin meningkat. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa yang membaca.

Terima Kasih 
BERIKAN KOMENTAR ()