Search here and hit enter....

Pengertian Grafiti Beserta Sejarah Yang Wajib Diketahui

Pengertian grafiti adalah merupakan hal yang paling dasar yang harus diketahui oleh para seniman. Baik itu seniman mural maupun yang lainnya. Dengan mengerti hal yang paling mendasar ini, akan memberikan suatu kemudahan dalam proses pembuatan seni.

Selain itu dapat juga mengerti dan dapat menjelaskan apa itu grafiti jika ada seseorang yang bertanya. Grafiti sendiri sering kita lihat penempatan medianya berada pada sebuah dinding, entah itu dinding rumah atau dinding pagar yang ada dipinggir jalan.

Jika dibedakan ada dua jenis orang yang membuat grafiti. Ada yang ilegal ada juga yang legal. Artinya ada yang membuat grafiti disebuah dinding tanpa meminta ijin, ada juga yang membuat grafiti dengan meminta ijin masyarakat setempat atau pemiliki dinding.

Tentunya lebih baik yang meminta ijin terlebih dahulu sebelum membuat seni grafiti dari pada yang tidak meminta ijin. Karena pada dasarnya mengambar atau proses pembuatannya cukup memakan waktu jika itu disebuah media yang besar.
Pengertian Grafiti Beserta Sejarah dan Contohnya Yang Wajib Diketahui
Pengertian Grafiti
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengertian grafiti itu sendiri. Mungkin dari beberapa pembaca ada yang sudah mengerti atau yang belum, dan bisa dibilang orang yang membuat grafitipun bisa jadi tidak mengerti apa itu grafiti. Berikut pembahasannya :

Pengertian Seni Grafiti

Pengertian grafiti adalah sebuah coret-coretan atau kegiatan seni rupa yang dimana menggunakan sebuah komposisi warna, garis, bentuk dan juga volume yang menruliskan sebuah kalimat tertentu pada media dinding.

Alat yang digunakan untuk membuat karya seni grafiti masa kini biasa menggunakan cat semprot kaleng dan juga cat kuas. Yang dimana kedua alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Sebelum keberadaan cat semprot muncul, grafiti sering dibuat menggunakan kuas atau kapur. Seiring perkembangan zaman kini rata rata semua seniman grafiti sudah menggunakan cat semprot.

Baca juga: Pengertian seni nirmana

Istilah grafiti dimabil dari sebuah bahasa latin yang berbunyi graphium yang memiliki arti menulis. Awalnya istiliah ini digunakan untuk menamakan tulisan-tulisan di bangunan kuno di negara mesir dan romawi kuno oleh para arkeolog.

Grafiti sendiri merupakan ssebuah kreasi seni lukis yang di ekspresikan oleh para seniman pada sebuah media. Yang diantara media tersebut adalah sebuah dinding, kertas, kayu dan media lainnya yang dapat di tuangkan sebuah lukisan.

Karya yang dihasilkan terkadang dalam bentuk huruf maupun gambar yang memiliki makna tertentu. Yang biasanya merupakan sebuah curahan hati atau sebuah pelampiasan yang dituangkan dalam bentuk seni grafiti.

Sejarah Seni Grafiti

Sejarah awal mulanya berasal dari manusia primitif yang melukis di dinding sebagai salah satu cara melakukan sebuah komunikasi perburuan. Pada masa itu, menggambar sebuah simbol di dinding berguna sebagai sarana mistisme dan juga spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.

Perkembangan seni menggambar di dinding pada zaman mesi kuno juga mengalami sebuah aktivitas yang dimana terdapat lukisan di dinding-dinding piramida. Lukisan ini yang katanya sebagai komunikasi alam lain.

Baca juga: Pengertian desain grafis yang wajib diketahui

Setelah itu pada zaman romai grafiti sebagai alat untuk menunjukan ketika puasan terhadap pemerintahan yang dibuktikan terdapat gambaran sindiran di dinding-dinding bangunan. Lukisan sindiran ini terdapat dikota pompeii.

Sedangkan di Roma grafiti digunakan sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada saat itu dilarang kaisar.

Seiring perkembangan zaman pada akhirnya grafiti melewati masa zaman modern yang dimana pada masa ini ada beberapa tangapan oleh masyarakat. Yang dimana grafiti dapat dicap positif sebagai sebuah seni dan negatif sebagai hal yang bersifat merusak dan tak bermanfaat.

Baca juga: Pengertian gambara ilustrasi

Terdapat perbedaan di antar dua penyebutan antara grafiti yang negatif dan positif. Untuk yang positif disebuah sebagai seni grafiti yang dimana ini bersifat sebuah unsur seni yang dimana membuatnya disebuah media yang sudah memiliki ijin, baik itu secara lisan maupun tertulis.

Sedangkan untuk sebutan negatif yang dimana membuat gambar maupun tulisan disebuah dinding yang bersifat tidak ijin atau ilegal yang di tujukan untuk bentuk sebuah protes atau pelampiasan sesuatu disebuah sebagai vandalisme.

Kesimpulan dan Penutup

 Grafiti adalah sebuah seni yang dimana dapat bernilai positif dan juga negatif. Mungkin itu saja pembahasan di artikel ini mengenai pengertian grafiti beserta sejarah nya. Dengan begitu anda sudah mengerti ilmu dasar tentang grafiti. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih
BERIKAN KOMENTAR ()