Pengertian Gambar Ilustrasi Yang Wajib di Ketahui dan juga di Pelajari

Pengertian gambar ilustrasi secara singkat dapat di kataan sebagai pelengkap dari sebuah bacaan. Namun secara umum gambar ilustrasi dapat di artikan sebagai gambar yang menjelaskan suatu pengertian yang berfungsi untuk menghiasi buku ataupun majalah serta surat kabar pada kolom-kolom tertentu yang butuh penjelasan.
Pengertian Gambar Ilustrasi Yang Wajib di Ketahui dan juga di Pelajari
Pengertian gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi berasal dari kata ilusi yang mempunyai arti gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka saja. Anda harus tahu bahwa gambar ilustrasi ini termasuk ke dalam seni rupa 2 dimensi yang bertujuan memperjelas suatu pengertian yang berbentuk teks.

Baca juga: Pengertian Desain Grafis Yang Wajib di Ketahui

Jika kita lihat dari penjelasan di atas, sebenarnya gambar ilusi ini dapat di artikan juga sebagai pelengkap untuk sebuah tulisan yang kurang jelas. Yang pasti dengan Anda menggunakan gambar ilustrasi pada sebuah teks bacaan, maka akan menambah kejelasan dari tulisan tersebut.

Fungsi Gambar Ilustrasi yang Berada Dalam Surat Kabar Atau Berita

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang mempunyai fungsi untuk menjelaskan sbuah tulisan atau teks. Selain itu gambar ilustrasi juga mempunya kelebihan dan fungsi lain lho. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari gambar ilustrasi :
  • Menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Dengan adanya gambar yang menarik pada cover ataupun sampul majalah, tentuk hal itu akan dapat menarik perhatian orang yang ingin membaca atau hanya ingin mengetahui isi buku tersebut.
  • Mempermudah para pembaca dalam memahami suatu keterangan serta penjelasan pada sebuah tulisan yang tekandung.
  • Dapat di jadikan sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang tidak dapat di tulis, sehingga diekspresikan melalui sebuah gambar.
  • Gambar akan memberikan situasi singkat dari isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  • Adanya nilai keindahan dalam perwajahan yang tidak dapat di sampaikan melalui teks.
Selain dari daftar yang telah saya tulis di atas, gambar ilustrasi mempunyai fungsi membuat sbeuah surat kabar lebih terlihat indah. Dengan begitu keindahan tersebut akan menarik setiap orang yang melihatnya. So, untuk contoh gabar ilustrasi sendiri Anda dapat melihatnya di koran atau surat kabar lainnya.

Unsur  Gambar Ilustrasi yang Wajib Anda Pahami

Jika di lihat dari beberapa penjelasan para pakar, maka unsur gambar ilustrasi dapat di bagi atas 3 macam, yakni gambar manusia, gambar tumbuhan dan gambar binatang,.

Gambar Manusia

Jika Anda sedang membuat sebuah gambar ilustrasi manusia, maka diperlukan penguasaan proporsi ataupun anatomi utuh dari manusia, baik itu tubuh anak-anak atau juga dewasa. Definisi proporsi ialah perbandingan bagian perbagian atau keseluruhan dari sebuah gambar. Dan untuk anatomi sendiri dapat di artikan sebagai kedudukan struktur atau bagian yang menonojol sehingga hal itu akan menentukan bentuk keseluruhan tubuh.

Gambar Tumbuhan

Menurut pakar sinema art dunia menjelaskan bahwa gambar tumbuhan terdiri dari 2 macam cara menggambar, yakni menggambar secara sederhana serta menggambar secara lengkap.

Baca juga: Pengertian Corel Draw Aplikasi Desain Grafis Terkenal

Menggambar sederhana dapat di artikean sebagai menggambar tumbuhan tidak secara lengkap, namun hanya menggambar yang berbentuk kesan seperti tumbuhan.

Anda harus tahu bahwa teknik ini tidak memperhatikan gambar tumbuhan secara detail. Dan untuk menggambar secara lengkap adalah menggambar tumbuhan secara detail serta lengap dari bagian-bagian tumbuhannya.

Gambar Binatang

Jika Anda sedang menggambar binatang, maka Anda selayaknya harus meperhatikan proporsi ataupun anatomi tubuh binatang tersebut. Mengenai gambar binatang terdiri dari binatang darat, binatang udara dan binatang laut.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah artikel mengenai pengertian gambar ilustrasi yang bisa saya jabarkan. Semoga dengan artikel ini ilmu serta wawasan para pembaca semakin bertambah dan bermanfaat. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.