Search here and hit enter....

Pengertian Corel Draw Yang Wajib di Ketahui Oleh Para Desainer

Pengertian Corel Draw merupakan salah satu hal yang paling mendasar dan juga paling awal bagi para desainer atau masyarakat yang ingin membuat desain. Aplikasi atau software desain grafis ini menjadi salah satu yang terpopuler dari yang lain.

Dalam sejarah perkembangannya, banyak bermunculan juga aplikasi serupa yang dibuat oleh para developer untuk mengolah sebuah desain. Mulai software berbasis mobile maupun dekstop. Tetapi Corel Draw adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dari pada yang lain.

Aplikasi desain grafis sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yakni software desain berbasis vektor dan bitmap. Dari kedua tipe tersebut sangat memiliki perbedaan dan juga kegunaan.

Banyak situs online yang hingga saat ini menyediakan link untuk download corel draw secara online, baik itu gratis atau berbayar dan terkadang sudah full version.

Software ini juga terkadang melihat sistem operasi dari sebuah perangkat. Ada Corel draw windows 7 yang dimana suport pada win7 tetapi di atas nya tidak suport.

Selain itu aplikasi ini juga sudah sangat berkembang sehingga bermunculan versi yang terbaru. Yang dimana setiap versi tersebut mengalami update fitur yang semakin membantu dalam pembuatan sebuah desain. Mulai dari Corel draw x5, x7,x8,x9 dan di saat ini sudah mencapai Corel Draw graphic suite 2018.
Pengertian Corel Draw Yang Wajib di Ketahui Oleh Para Desainer
Pengertian Corel Draw
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara mendetail mengenai pengertian Corel Draw yang dimana nantinya akan berfungsi sebagai materi dasar desain grafis.

Pengertian Corel Draw

Corel Draw adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dimana berfungsi untuk mengolah, membuat dan melakukan edditing gambar berbasis vektor. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan yang bernama corel sehingga dinamakan dengan nama Corel Draw .

Corel Draw diluncurkan atau dirilis pertama kali pada bulan januari tahun 1989. Hingga mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat desain. 

Baca juga : Wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi desain vektor 

Pada saat ini corel draw sudah mengalami perkembangan yang di antaranya Corel Draw X8 yang diluncurkan pada tanggal 15 Marek tahun 2016. dan yang paling terbaru saat ini yakni Corel Draw Graphic Suit 2018. 
Pengertian Corel Draw Yang Wajib di Ketahui Oleh Desainer
Corel Draw Graphic Suite 2018
Perusahaan corel yang merupakan perusahaan software yang berada di Ottawa hingga saat ini masih terus mengembangkan aplikasi yang satu ini. Entah perkembangan yang akan datang nantinya bagaimana. dan mungkin ada beberapa fitur yang ditambahkan dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi corel draw merupakan software yang sering sekali digunakan untuk membuat sebuah desain, baik itu secara komersial ataupun tidak. Sebagian masyarakat indonesia pun hingga saat ini masih menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan aplikasi desain bitmap 

Tetapi perlu anda ketahui ada satu aplikasi yang bersain ketat dengan Corel Draw yakni Adobe Illustrator yang dimana juga sama sama mengolah gambar vektor. 

Oleh sebab itu dari kedua aplikasi tersebut sangat lah bersaing ketat untuk menjadi software yang terbaik untuk membuat desain. 

Jika di Indonesia Corel Draw memenangkan banyak penguna namun di negara lain, baik negara negara maju maupun berkembang, Adobe Illustrator memiliki pengguna yang lebih banyak dari pada Corel Draw.

Yang pasti dari kedua software tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Entah dari fitur fitur yang diberikan atau dari human friendly atau dari aspek lainnya. 

Kesimpulan dan Penutup

Dari pembahasan di atas mengenai pengertian corel draw bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini berfungsi sebagai alat pengolah maupun membuat gambar vektor yang dimana menjadi salah satu software yang paling banyak di gunakan di Indonesia.

Baca juga : Macam macam desain grafis 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel ini. Semoga dengan pembahasan yang cukup sederhana ini bisa menjadi salah satu artikel yang bermanfaat bagi para desainer baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dan semoga makin banyak desainer di Indonesia yang berkualitas baik nantinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya. 

Terima kasih 
BERIKAN KOMENTAR ()