Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Desain Grafis Corel Draw

Kelebihan dan kekurangan Corel Draw dalam pembuatan sebuah desain mungkin sangat tidak banyak. Karena aplikasi ini adalah software yang sudah dirancang khusus untuk membuat sebuah desain berbasis vektor dan merupakan salah satu aplikasi graphic desing yang sering digunakan.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Corel Draw adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan para desainer. Sudah banyak bermunculan karya karya yang melegenda dan mendunia dari software ini. Mulai dari sebuah logo, vector, banner, spanduk maupun karya lainnya.

Aplikasi ini merupakan sebuah software yang juga sering digunakan untuk para desainer dalam membuat sebuah desain pesanan, baik itu sebauh desain perusahaan atau desain personal.

Dengan fitur yang memadai dan juga user frindly atau mudah digunakan, software ini sangat rekomendasi digunakan untuk banyak kalangan.

Tetapi sebaik baik program pasti memiliki kekurangan. Oleh karna itu pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi Corel Draw.
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Desain Grafis Corel Draw
kelebihan dan kekurangan corel draw

Software Corel Draw

Corel Draw adalah sebuah aplikasi yang dimana berfungsi untuk mengolah sebuah grafis berbasis vektor, yang dapat memodifikasi dan juga membuat nya dari awal. Aplikasi ini sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu software yang sering digunakan dalam pembuatan sebuah desain grafis.

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas secara mendetail mengenai pengertian aplikasi Corel Draw, jika ingin mengetahui dan menambah wawasan dana membaca pada blog ini. 

Dalam perkembangannya banyak bermunculan software yang kegunaannya sama dengan Corel Draw di antaranya dari perusahaan Adobe yang mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama Adobe Illustrator yang fungsinya juga sama.

Baca juga: Pengertian desain yang wajib diketahui 

Namun jika bertanding dalam kepopuleran di Indonesia, Adobe Illustrator masih kalah dengan Corel Draw yang penggunanya lebih banyak.

Di antara kedua aplikasi tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Corel Draw.

Kelebihan Corel Draw

Dimulai dari kelebihan program pengolah gambar vektor Corel Draw yang menurut saya dapat dibilang memiliki banyak kelebihan, karena dengan software ini saya dapat menghasilkan berbagai desain, di antaranya gambar paling atas dalam artikel ini saya buat dengan menggunakan Corel Draw.

Diantara kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Mudah digunakan

Corel Draw menurut saya merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan. Tinggal bagaimana kita ingin belajar atau tidak. Dengan berbagai fitur yang sudah disediakan, anda dapa membuat sebuah desain yang terlihat baik dan juga profesional.

2. Fitur yang lengkap

Fitur fitur yang disediakan dalam program ini juga sangatlah lengkap. Dengan fitur fitur tersebut dapat memanjakan anda dalam pembuatan sebuah desain. Diantara fitur yang sering saya gunakan yakni transparancy, bland, drop shadow, shap tool, dan bezier.

Baca juga: Dasar dasar desain grafis yang harus diperhatikan

3. File yang dihasilkan berkualitas

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menghasilkan sebuah file yang sangat bermanfaat dan juga suport dengan berbagai software lainnya. Tapi itu tergantung dengan bagaimana anda membuat desainnya. 

4. Ringan

Aplikasi Corel Draw tergolong sebagai software yang ringan atau dengan kata lain menjalankan program ini dengan menggunakan laptop seharga 2 jutaan pun sudah cukup kuat. 

Awal pertama saya membuat sebuah desain, saya juga menggunakan laptop yang tergolong jadul keluaran 2006 yang hanya memiliki ram 1 gb dengan kecepatan prosesor tidak sampai 2 Ghz. 

Jadi sudah saya buktikan sendiri bahwa aplikasi ini sangat ringan dan sangat mendukung sekali untuk membuat sebuah desain.

5. Banyak yang menggunakan

Dengan banyaknya yang menggunakan aplikasi ini, maka standar sebuah perusahaan dapat dengan mudah disamakan. Misalkan sebuah percetakan hanya menerima format CDR yang dapat dicetak. Jadi disitulah salah satu kelebihan software ini.

Baca juga: Contoh desain poster slogan yang dapat menjadi inspirasi

Karena sesuai yang sudah saya jelaskan di kalimat pembuka tadi bahwa aplikasi ini di negara Indonesia sendiri sudah banyak yang menggunakan, baik itu prusahaan maupun secara personal. 

Kekurangan Corel Draw

Selain memiliki kelebihan pasti setiap program memiliki sebuah kekurangan tersendiri. Sama halnya software satu ini yang sedang kita bahas pasti memiliki sebuah kekurangan dalam programnya. Berikut kekurangan Corel Draw:

1. Kurang dalam mengolah foto

Sebetulnya ini bukan kekurangan yang patut disebut, karena pada dasarnya Corel Draw bukan untuk mengolah sebuah foto. Tapi memang kenyataannya dalam mengolah foto aplikasi ini sangat kurangan direkomendasikan dari pada software yang memang sudah dikhususkan dalam mengedit foto, seperti contohnya Adobe Photoshop. 

Walaupun begitu, Corel draw masih dapat mengolah sebuah foto walaupun tidak banyak fitur yang mendukung untuk melakukan editing foto. 

2. Versi baru tidak dapat di buka di versi lama

Kekurangan selanjutnya yakni pada file Corel Draw versi baru yang tidak dapat dibuka dengan versi lama. Misalkan kita membuat sebuah desain dengan menggunakan Corel Draw X7 dan kemudian lembar kerja kita save langsung dengan aplikasi tersebut. 
Setelah itu kita memberikan atau meng copy file tersebut dan dibuka dengan komputer atau perangkat lain yang dimana Corel Draw yang ter instal di perangkat tersebut versi di bawah X7, contohnya X5 atau dibawahnya lagi. Maka file yang kita save tersebut tidak dapat kita buka di versi yang lebih rendahnya. 

Ini yang sering terjadi ketika saya ingin memberikan sebuah desain ke sebuah percetakan, yang dimana komputer yang digunakan masih menggunakan Corel Draw versi lama. 

Tapi sebenernya ada caranya agar file yang kita save di Corel Draw versi terbaru dapat dibuka dengan menggunakan versi yang lama. Tapi itu harus melalaui beberapa tahapan. 

Kesimpulan dan Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya bahasa pada artikel ini mengenai kelebihan dan juga kekurangan aplikasi desain grafis Corel Draw. Dengan kesimpulan yang bisa kita ambil bahwa aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dari pada kekurangannya. 

Dari kelebihan dan juga kekurangan tersebut sudah saya rasakan sendiri, dan bisa dibilang artikel ini menurut pendapat saya sendiri atau pengalaman sendiri. 

Bisa kita simpulkan juga bahwa faktnya aplikasi ini hanya memiliki kekurangan yang sangat dikit. Jadi sudah sepantas nya software ini menjadi salah satu aplikasi yang banyak diminati dan juga banyak penggunanya di negara Indonesia. 

Mungkin itu saja semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca. Jika menurut anda ada kekurangan dan juga kelebihan lainnya, bisa tinggal kan komentar pada kolom yang sudah saya sediakan. 

Terima kasih.