Search here and hit enter....

9 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Desain Logo

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah logo. Seperti hal nya kita harus mengetahui pengertian logo terlebih dahulu sebelum membuat sebuah karya desain logo.

Membuat logo tidak semudah yang dibayang kan walaupun kelihatannya logo itu mudah untuk dibuat. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat logo.

Jenis jenis logo ada berbagai macam, tinggal bagaimana anda ingin membuat dan untuk siapa anda membuat desain tersebut.

Maka dari itu perhatikan detail sekecil apa pun ketika proses pembuatannya. Selain itu anda juga harus benar benar memperhatikan setiap prinsip prinsip desain logo itu sendiri.

Logo yang baik akan dengan mudah diingat dan makna yang terkandung dalam desain tersebut sangat mudah dimengerti.

Setiap perusahaan dan juga komunitas pasti menginginkan sebuah logo yang kreatif dan tentunya sangat cocok dengan tujuannya.

Sudah banyak contoh contoh logo yang sangat baik dan juga bagus. Oleh sebab itu bisa menjadi sebuah inspirasi ketika membuat sebuah logo, tetapi jangan menjadi seorang yang plagiat. Karena nantinya akan mengurangi nilai keunikan sebuah logo.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai 10 hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah desain logo.
9 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Desain Logo
Hal penting dalam logo

Artikel kali ini bertujuan agar ketika anda membuat sebuah desain logo nantinya, anda tidak membuat logo yang tidak baik. Dan artikel ini nantinya bisa menjadi acuan ketika proses pembuatan logo.

Unsur Unsur Logo

Berikut unsur unsur logo yang harus kamu ketahui :

1. Perhatikan Makna

Sudah sepantas nya setiap desain logo yang kita buat harus memiliki sebuah makna tersendiri. Dengan makna maka pesan yang ingin disampaikan dari sebuah logo akan tersampaikan dengan mudah.

Setiap logo yang baik dan profesional sudah pastinya memiliki sebuah cerita. Jauh lebih bermakna dari sekedar sketsa. Maka dari itu perhatikan baik baik mengenai makna yang terkandung dalam sebuah logo yang nantinya akan kalian tuangkan untuk mempresentasikan sebuah perusahaan.

Baca juga: Macam macam desain grafis

Ketika anda mengemas sebuah makna itu menjadi sesuatu yang segar dan terlihat lebih kreatif, maka nantinya klien akan sangat menyukainya.

Sebagai contoh logo perusahaan teknologi Apple yang memiliki sebuah logo yang bermakna "gigitan" yang hilang.

Dengan gigitan di buah apel itu terlihat unik dan juga profesional serta segar. Jadi berusahalah berfikir untuk memberikan makna yang  terbaik disetiap logo yang dibuat nantinya.
logo yang memiliki makna
Coba perhatikan logo di atas ini. Jika anda melihat untuk pertama kali logo ini, pasti anda langsung menemukan sebuah makna yang terdapat dilogo ini.

Logo yang terdiri dari huruf kata "FACE" dan di antara tulisan tersebut terdapat visual muka. Itulah logo yang memliki sebuah makna

2. Pasif vs Aktif

Untuk unsur pasif dan juga aktif ini tidak selalu tapat. Namun unsur ini menjadi salah satu aspek yang tergolong menarik untuk dimasukan dalam sebuah logo. 

Dengan memberikan sebuah gerakan atau kegiatan maka logo akan menjadi seperti hidup dan lebih menjadi pusat perhatian audiens nantinya. Hal ini nantinya akan memberikan sebuah dorongan baik visual maupun konseptual.

Sebagai contoh dasar sebuah logo sosial media Twitter. Logo Twitter yang memiliki makna sebuah burung. Tetapi coba kamu perhatikan logo Twitter yang dulu dengan yang sekarang. 
logo twitter
Untuk versi yang dulu memiliki kesan bahwa burungnya hanya terbang disepanjang lintasan yang sama. Untuk versi yang baru, burung lebih terkesan terbang mengarah ke atas untuk menunjukan bahwa dia naik ke udara.

Baca juga: Unsur unsur desain grafis

Dari kedua versi itu logo mana yang lebih terlihat aktif ? Tentu saja logo yang versi dua, yang mengambarkan bahwa dia terbang ke keatas.

Itulah sebabnya logo perusahaan yang terlihat aktif lebih memberikan interaksi kepada audiens dari pada logo yang pasif. Logo yang aktif akan memberikan sebuah pengalaman dan akan lebih diperhatikan nantinya. Maka pikirkan ketika anda ingin membuat logo, jika bisa dibuat aktif maka lebih baik.

3. Simple atau Sederhana

Kesederhanaan merupakan unsur salah satu unsur yang sangat penting. Semakin sederhana atau simple logo yang dibuat maka semakin baik, asalkan makna yang terkandung dapat dengan mudah tersampaikan.

Jika dibandingkan dengan logo yang rumit dan memiliki banyak arti dengan logo yang simpel dan makna yang terkandung lebih mudah ditangkap maka lebih baik logo yang simpel.

contoh logo yang simpel
Coba perhatikan logo perusahaan terbesar di dunia maupun di Indonesia. Mereka semua sudah menggunakan sebuah logo yang sesederhana mungkin.

Banyak manfaat dan juga kelebihan yang didapat jika menerapkan sebuah kesederhanaan dalam pembuatan sebuah logo. Salah satunya yakni logo lebih terlihat profesional dimata audiens.


4. Unik 

Desain logo yang baik yakni memikiliki sebuah keunikan dari logo yang lainnya. Yang dimaksud unik dipoin ini yakni tidak menyerupai atau berbeda dengan desain orang lain. 

Poin yang satu ini harus sangat diperhatikan sekali, karena apabila desain yang kita buat memiliki kesamaan atau menyerupai walaupun itu terkadang hanya sedikit atau 11 banding 12 maka ada kemungkinan nantinya terkena sanksi karena terlah melanggar hak cipta.
contoh logo unik
Oleh sebab itu jika kita mencari sebuah inspirasi desain melalui internet atau media lainnya, sebisa mungkin jangan menyerupai. Sekreatif mungkin anda dalam membuat desain.

Lebih baik lagi ide desain yang anda buat merupakan murni ide anda sendiri. Karena itu lebih memiliki nilai jual. Tapi jangan lupa dengan unsur unsur desain logo yang lainnya juga.

5. Gunakan konsep visual double entendre (VDE)

Visual Double Entendre atau yang bisa disingkat dengan VDE adalah sebuah konsep dimana menyatukan dua buah gambar menjadi satu bagian yang nantinya akan menciptakan bentuk ;ogo yang unik.

Teknik ini sering digunakan oleh sebagian besar desainer logo dan juga freelancer. Karena dengan teknik ini lebih mudah mendapatkan sebuah ide dan juga keunikan.

Baca juga: Prinsip prinsip desain grafis

Namun, mengimplementasikan teknik ini tak semudah yang dibayang kan. Perlu sebuah pemikiran yang mendalam dan juga harus menggali serta konsep yang matang untuk menggunakan teknik ini.

Selain itu juga cukup memakan waktu untuk memikirin ide ini. Tetapi desain logo yang dihasilkan akan memberikan nilai unik yang cukup tinggi dan sangat menarik serta simple.
contoh logo visual double entendre
Perhatikan logo yang ada diatas ini. Jika anda memperhatikan baik baik maka anda akan mendapatkan sebuah logo yang dimana terdapat dua visual gambar yang dijadikan satu.

Yakni gambar huruf "A" dan juga visual "Pesawat" dari desain logo diatas sudah tersampaikan bahwa logo ini berguna untuk perusahaan penerbangan dan sejenisnya.

6. Manfaatkan Negative Space

Untuk teknik ini berbeda dengan teknik yang diatas. Teknik negative space yakni teknik yang membuat desain dengan memanfaat ruang negative yang dimana nantinya akan menimbulkan sebuah ilustrasi suatu bentuk.

Teknik ini juga tergolong teknik yang cukup unik dan kreatif. Karena dengan teknik ini akan membuat sebuah logo lebih unik dan juga lebih menarik untuk dilihat.

Selain itu dengan teknik ini sebuah logo perusahaan dapat menempatkan sebuah makna di ruang negativ tersebut.

Baca juga: Pengertian desain grafis

Diluar sana banyak perusahaan yang manfaatkan teknik ini. Sehingga makna yang terdapat diperusahaan tersebut dapat dituangkan diruang negativ ini dan menjadi sebuah logo yang unik.

Tetapi perlu diingat menerapkan cara ini di sebuah logo tidak mudah. Sama hal nya dengan cara yang sebelumnya, yang memerlukan sebuah ketelitian dan juga pemikiran agar dapat menuangkan sebuah makna di ruang negativ. Agar nantinya ngative space tersebut tidak sia sia dan memiliki sebuah makna.

Namun jika hal itu sudah diterapkan dengan benar, maka jadilah sebuah logo yang memiliki nilai keunikan yang tinggi dan juga lebih menarik serta lebih mudah diingat oleh audiens.
contoh logo negative space
Logo diatas ini merupakan contoh logo yang menggunakan konsep negative space. Yang dimana ada sebuah burung pelican yang dimana memotong huruf "P"

7. Warna

Hal yang tidak kalah penting dan merupakan unsur paling utama yang harus diperhatikan yakni warna. Karena dimana mana unsur desain yang paling utama adalah warna. Baik itu desain logo, banner, spanduk atau desain lainnya.

Selain dari bentuk desain, sebuah makna juga dituangkan di warna. Yang dimana setiap warna itu memiliki arti dan juga makna masing masing. Contoh warna merah yang memiliki makna berani.

Oleh sebab itu perhatikan penggunaan warna dalam sebuah logo yang akan dibuat nantinya. Warna akan mepresentasikan sebuah perusahaan.

Untuk penggunaan jumlah warna di logo banyak opini yang bermunculan. Ada yang bilang satu logo maksimal menggunakan 3 warna kombinasi dan juga warna yang dominan.
contoh logo

Ada juga yang bilang semakin banyak warna semakin baik. Tapi menurut saya kembali lagi untuk apa logo tersebut dibuat. Jadi perhatikan konsep dan juga perusahaan yang bersangkutan. Selain itu juga berikan motiv apa yang ada. Jika menggunakan warna merah disebuah logo, motiv apa yang diberikan warna tersebut sampai sampai memutuskan menggunakan warna itu.

Lumayan ribet dan juga susah untuk penggunaan unsur warna ini. Karena ini merupakan unsur utama sebuah seni. Oleh sebab itu perlu diperhatikan baik baik.

8. Hindari Logo Generik 

Logo semakin hari semakin berkembang, yang dimana semakin banyak karya-karya desain logo yang bermunculan. Oleh karena itu ada beberapa logo yang memiliki style yang hampir menyerupai satu sama lain.

Logo generik adalah logo yang dibuat dari elemen elemen yang sudah sering digunakan. Secara visual dan juga pandangan logo generik memang terlihat bagus, namun sama sekali tidak memiliki unsur keunikan dan juga lemah dalam konsep.

Banyak sekali kekurangan yang ditimbulankan oleh logo generik. Salah satu kekurangannya yakni sangat merugikan seorang desainer dan juga sangat merugikan klien, yang dimana klien membayar dan hanya mendapatkan sebuah logo pasaran yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan maupun komunitas.

Baca juga: Contoh desain grafis

Oleh sebab itu pahami lagi mengenai logo generik dan juga perhatikan baik baik. Karena seorang desainer terkadang juga sering mengabaikan ini.

Tidak hanya seorang desainer saja yang perlu memahami akan hal ini. Klien pun juga harus mempelajari apa itu logo generik. Karena agar nantinya ketika menggunakan jasa desain orang tidak mendapatkan logo yang pasaran.
contoh logo generik
Gambar di atas merupakan contoh desain logo generik yang sering kali digunakan dan juga dibuat oleh para desainer. Oleh karena itu sering seringlah melihat logo generik dan jangan menirunya, namun berusaha tidak persis seperti logo generik.

9. Kualitas Logo

Setiap apa yang kita buat pasti kualitas nya harus terjamin. Begitu juga dengan sebuah logo yang dimana nantinya akan mewakilkan sebuah perusahaan, baik besar maupun kecil.

Oleh sebab itu perhatikan dan kejarlah sebuah kulitas dari sebuah logo. Bukan kuantitas namun kualitas. Karena itu jelas akan menambah nilai jual, dan menambah kepuasan tersendiri untuk klien.

Baca juga: Manfaat desain grafis

Untuk mendapatkan sebuah kualitas logo yang baik. Maka harus memperhatikan setiap unsur unsur desain logo dan juga hal hal yang penting harus diperhatikan ketika membuat logo.

Memperhatikan kualitas logo itu memang bukan hal yang mudah juga. Tapi jika sudah kebiasaan maka akan menjadi hal yang sangat mudah.

Selain itu kita juga harus belajar dan sering sering lihat logo mana yang memang kualitasnya sangat baik dan mana yang memiliki kualitas kurang baik.

Dengan melatih mata kita untuk melihat logo yang memiliki kualitas baik. Maka seiring waktu mata kita dapat membedakannya dengan mudah.

Kesimpulan dan Penutup

Banyak hal yang perlu kita perhatikan ketika membuat sebuah desain logo. Mulai dari yang paling dasar dan juga yang paling sering dilakukan oleh para desainer. Oleh karena itu, artikel ini bisa menjadi perhatian ketika membuat logo.

Semoga dengan artikel ini, kemampuan membuat desain para pembaca meningkat dan juga kualitas nya lebih baik lagi. Dan semoga rejeki nya dilancarkan.


Semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()