Pengertian Logo Design Menurut Para Ahli dan Juga Contoh Desainnya

Pengertian logo design menurut para ahli dan juga contohnya. Bagi yang masih awam atau masih awal awal dalam dunia desain grafis. Salah satu hal yang wajib diketahui dan juga dimengerti yakni mengenai makna, arti, jenis, dan juga definisi dari lambang.

Selain unsur unsur desain dan juga prinsip prinsip desain, logo juga termasuk salah satu macam macam desain yang sangatlah penting untuk dimengerti. Karena merupakan sebuah karya seni graphic design yang akhir akhir ini sering dicari dan juga memiliki fungsi serta kegunaan yang sangat penting.

Sudah sepantasnya sebuah perusahaan atau komunitas memiliki sebuah logo yang memiliki makna atau menggambarkan perusahaan itu sendiri. Dengan adanya logo maka akan mempermudah bagi orang lain untuk menghafal ataupun untuk mengenali sebuah perusahaan ataupun sesuatu yang memiliki logo.

Di dunia digital maupun nyata, sudah banyak contoh logo yang dapat kita jadikan sebagai bahan atau inspirasi ketika membuat design logo. Setiap perusahaan dan komunitas pastinya memiliki tujuan atau visi misi sendiri. Oleh karena itu banyak macam macam logo dan juga tujuan logo itu sendiri yang sudah ada di era sekarang.

Tidak hanya di era millenial sekarang ini, sejak zaman pra-sejarah logo sudah dikenal dan juga digunakan. Tetapi sejak zaman itu dikenal dengan istilah lain, yakni simbol. Lukisan lukisan yang berbentuk simbol pada saaat itu digunakan untuk melakukan komunikasi atau tanda dan biasanya di letakan di bebatuan ataupun tebing.

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengertian logo secara lengkap dan mudah dimengerti.
Pengertian Logo Design Menurut Para Ahli dan Juga Contoh
pengertian logo design dan contoh

Pengertian Logo Design

Secara garis besar pengertian logo design adalah tanda, simbol, ataupun lambang yang memiliki makna dan juga digunakan sebagai sebuah identitas suatu organisasi, komunitas, prusahaan ataupun individu yang bertujuan agar mudah diingat oleh orang lain.

Selain itu logo juga bisa mengambarkan atau memberikan ciri sebuah prusahaan atau komunitas. Sehingga logo bisa juga dikatakan sebuah lambang yang akan nantinya akan mendeskripsikan visi misi sebuah perusahaan.

Baca juga : Pengertian Desain Grafis

Menurut Sularko, DKK (2008) di dalam bukunya yang berjudul "How to They Think" logo atau bisa disebut dengan corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang dimana secara langsung tidak menjual, melainkan memberi suatu identitas yang pada akhirnya akan menjadi sebuah alat pemasaran yang signifikan, dan logo nantinya akan mampu dan juga membantu membedakan suatu produk atau jasa dari pesaingnya.

Pada dasarnya sebuah logo dapat menggunakan berbagai elemen yang ada seperti gambar, tulisan, ilustrasi dan lain lain. Macam macam logo juga ada banyak yang intinya sama sama sebagai identitas.

Dalam proses pembuatan logo harus memperhatikan sebuah makna atau filosofi dan juga kerangka dasar yang memiliki tujuan agar melahirkan sifat yang beridi sendiri atau mandiri. Setiap desain logo yang dibuat harus memliki ciri khas masing masing.

Dalam dunia perusahaan, logo dapat diibaratkan seperti bagian tubuh yang dapat mempresentasikan citra suatu perusahaan. Meski logo terlihat sangat sederhana tetapi untuk menunjang atau meningkatkan kualitas dan juga harga jual, maka logo sangat berperan penting demi mewujudkan itu semua. Oleh karena itu logo sangat memiliki banyak manfaat dalam desain grafis. 

Selain itu logo bisa kita ibaratkan juga seperti wajah. Setiap orang pasti memliki wajah yang berbeda beda, dan setiap orang dapat membedakan dengan mudah antara dua muka orang dengan melihat wajah. Begitu juga dengan sebuah logo yang mewakili sebuah visi penyampaian citra positif melalui tampilan sederhana dalam bentuk simbol.

Jika kita mencari mengenai pengertian logo design pasti setiap pendapat dan juga artikel berbeda beda jawabannya. Oleh karena itu tidak ada jawaban yang pasti mengenai topik ini, tetapi semua jawaban hampir sama.

Contoh Logo Design

Dalam pembuatan atau ketika awal awal ingin membuat sebuah logo. Alangkah baiknya kita mencari sebuah inspirasi dahulu melalui internet mengenai sebuah logo yang ingin kalian buat.

Misalkan kita ingin membuat sebuah desain logo makanan, olshop, organisasi, kelas atau lainnya. Dan kita juga menginginkan sebuah logo simpel, keren, unik, kreatif, 3d, huruf, atau untuk stempel. Pasti kita harus mencari contoh logo tersebut.

Oleh karena itu berikut beberapa contoh logo yang nantinya dapat menjadi sebuah inspirasi ketika pembuatan desain.

contoh logo organisasi simpel, keren
contoh logo organisasi

contoh logo huruf keren dan simpel
contoh logo huruf

contoh logo simpel dan juga keren serta unik
contoh logo simpel

contoh logo makanan keren dan juga simpel
contoh logo makanan

contoh logo olshop simpel
contoh logo olshop

contoh logo stempel keren dan simpel
contoh logo stempel

contoh logo unik keren dan juga simpel
contoh logo simpel, unik dan keren


Penutup dan Kesimpulan

Itu dia mengenai pengertian logo design menurut para ahli dan beserta contohnya. Jika anda sudah mengerti apa yang saya sampaikan alangkah baiknya anda mempelajari hal lain mengenai logo. Misalkan anda mencari tentang fungsi , jenis, macam macam, manfaat, ciri ciri, sejarah, dan juga tujuan sebuah logo.

Itu nantinya akan menambah wawasan anda mengenai topik logo. Karena pada era sekarang logo sangat dibutuhkan dan para desainer banyak kebanjiran order logo.

Semoga bermanfaat