10 Fungsi dan Manfaat Desain Grafis Dalam Berbagai Bidang Yang Ada

Berbagai manfaat dan juga fungsi yang bisa didapatkan dari desain grafis sendiri. Karena hampir semua pekerjaan maupun bidang yang ada dunia memerlukan sebuah desain. Manfaat desain grafis sendiri dapat dirasakan secara nyata dalam kehidupan sehari hari.

Pada dasarnya desain grafis sudah sangat melekat dengan persepsi, pencitraan, dan juga komunikasi. Dengan sebuah desain dapat mempermudah dalam bertukar informasi, dan dapat lebih mudah untuk menyampaikan suatu pesan.

Jika dilogika, sebuah pesan yang hanya ada tulisan saja dengan sebuah pesan yang di desain dan mengkombinasikan antara unsur unsur desain dan juga prinsip prinsip desain lebih menarik dibaca dari pada sebuah pesan yang hanya polos.
fungsi dan manfaat desain grafis
fungsi dan manfaat desain grafis 
Pada era sekarang, banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mempelajari bidang desain. Karena dengan desain grafis dapat membuat berbagai macam macam desain yang nantinya akan digunakan sesuatu dengan kebutuhan, ada yang untuk menjadi media pesan, media informasi, maupun media pembelajaran. 

Berikut penjelasan mengenai manfaat dan juga fungsi yang didapatkan dari sebuah desain dalam berbagai bidang yang ada. 

Manfaat dan Fungsi Desain Grafis 


1. Sebagai Media Komunikasi

Desain grafis sangatlah berguna sebagai media komunikasi, baik dalam penyampian pesan, informasi, maupun berita. Karena dengan menggunakan desain grafis, pesan yang ingin disampaikan sangat dengan mudah diterima dan lebih menarik untuk dibaca.

2. Sebagai Media Promosi

Media promosi atau juga bisa disebut sebagai media iklan pastinya sangat membutuhkan sebuah desain. Dengan desain grafis produk atau jasa yang akan diiklankan akan terlihat lebih menarik dan juga sangat mudah untuk dimengerti. Selain itu dengan menggunakan desain grafis, lebih menghemat biaya promosi, dan dapat ditaruh diberbagai bidang, bisa melalui digital maupun dicetak.

Baca Juga : Pengertian Desain Vektor

3. Sebagai Media Pembelajaran

Desain grafis juga berfungsi dan memiliki manfaat dalam pembelajaran. Dengan menggunakan visual berbentuk gambar siswa biasanya lebih mudah menangkap materi dan lebih paham. Karena dengan satu gambar sudah memwakilkan 1000 kata. Selain itu daya ingat siswa terhadap materi tersebut akan lebih baik dan bertahan lama.

4. Sebagai Daya Tarik Hiburan

Dalam dunia hiburan, menarik perhatian penonton sangatlah diperlukan. Jika masyarakat tidak tertarik dengan salah satu hiburan maka akan menjadi salah satu faktor bangkrutnya sebuah hiburan. Dengan menggunakan desain grafis maka akan lebih menarik perhatian masyarakat untuk merespon hiburan yang ada. Kreativitas dan pembuatan tema yang disusun dengan desain grafis sangatlah pentin dan diuji. Agar masyarakat lebih tertarik dan juga terhibur.

Baca Juga : Pengertian Desain Bitmap

5. Sebagai Media Menyampaikan Pesan Moral 

Pesan moral yang akan disampaikan kepada masyarakat tidak ada gunanya jika tidak ada yang membaca dan tertarik. Oleh karena itu dengan desain grafis cara menyampaikan pesan moral akan lebih menarik dan juga menjadi sebuah nilai plus. Selain itu pesan dan moral yang akan disampaikan lebih mudah diresapi maupun dipahami.

6. Mempermudah Pemahaman Tentang Suatu Peraturan

Di dalam setiap lembaga atau sebuah komunitas maupun instansi pasti memiliki sebuah peraturan dan juga tata tertib dan juga struktur organisasi. Maka disitulah sebuah desain akan berfungsi sebagai media komunikasi. Dengan desain yang baik dan juga rapi, sebuah peraturan maupun struktur organisasi akan mudah di baca dan juga dipahami.

7. Meningkatkan Daya Ingat

1 Gambar dapat mewakili 1000 kata, mungkin kalimat itu sudah tidak asing lagi ditelinga. Tapi fakta nya memang seperti itu. Dan dengan gambar, daya ingat untuk mengingat sebuah informasi lebih cepat dibanding dengan sebuah tulisan. Maka dari itu desain grafis dapat meningkatkan daya ingat.

Baca Juga : Macam Macam Aplikasi Desain Grafis 

8. Mempermudah Ketika Presentasi

Seseorang jika ingin mempersentasikan sesuatu atau memberikan hasil karya dengan membuat presentasi pekerjaan berupa gambar maupun tulisan perlu yang namanya desain. Karena dengan desain dapat mewakili presentasi pekerjaan. Contoh yang sangat mudah yakni sebuah proposal. 

Proposal biasanya disusun dalam format seperti laporan dengan banyak tulisan yang sering kali sangat membuat orang malas untuk membacanya. Tetapi dengan desain grafis cukup poin poin nya saja yang ingin disampaikan dalam proposal yang disusun semenarik mungkin dan sekreatif mungkin. 

Agar nantinya informasi yang ingin disampaikan melalui proposal dengan mudah nya tersampaikan dan orang tidak malas untuk membacanya walaupun hanya poin poinnya saja tapi mudah dimengerti. 

9. Menciptakan Branding di Dunia Bisnis 

Menciptakan sebuah branding dalam dunia usaha maupun bisnis, dengan media online maupun offline sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu dengan desain grafis akan mempermudah dalam membuat branding sebuah usaha.

Desain grafis saat ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi dalam berperan dalam dunia bisnis. Dalam sebuah campaign marketing, desain grafis sangat berperan besar dalam meningkatkan penghasilan maupun penjualan sebuah produk.

Dalam bisnis, desain hadir dalam berbagai bentuk seperti logo, poster, brosur, banner, stiker, web desain, dan desain lainnya yang sangat berpengaruh besar untuk menunjang berkembangnya sebuah perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Desain Grafis 

Tidak sedikit orang yang tidak mementingkan desain sebagai salah satu cara maupun srategi untuk marketing. Sudah sewajarnya yang pertama dilihat oleh orang dalam mengenali produk atau membeli produk adalah desain produk itu sendiri. Jadi pada dasarnya desain sangatlah penting dalam dunia usaha.

Oleh kerena itu desain sangat bermanfaat dan sangat berfungsi untuk membuat branding sebuah usaha, baik usaha baru maupun yang sudah lama sangat memperlukan desain di era millenial sekarang.

10. Berpotensi Untuk Membuka Jasa Desain

Dengan pahamnya akan sebuah desain dan juga mahir dalam pembuatan desain dengan baik, maka ada potensi dan juga peluang untuk membuka usaha jasa desain sendiri maupun menjadi freelancer. Usaha ini juga dapat kira jadikan sebagai usaha sampingan, walaupun sedang kuliah maupun sekolah juga dapat memulai karir sebagai freelancer. 

Penghasilan tidak seberapa tetapi dapat menambah uang jajan itu lebih dari cukup. Sangat banyak keuntungan menjadi freelancer. Dapat dikerjakan dimana saja, kapanpun tanpa terikat waktu kecuali jika sudah dikejar daedline maka harus ekstra kerja keras.

Baca Juga : Software Desain Grafis Bitmap dan Vektor

Saya pribadi dengan berkerja sebagai freelancer walaupun masih sekolah dapat menghasilkan sebulannya kurang lebih 1 - 2 juta. Salah satu situs atau web yang menyediakan tempat untuk menjadi freelancer yang sangat terkenal yakni 99design. Di situs tersebut sistemnya kontes atau seperti lomba desain, jadi kita tidak mengeluarkan modal sama sekali. Dan untuk hadiah satu buat desain logo paling murah yakni 190$ yang kurang lebih sekitar 2 jutaan.

Kesimpulan dan Penutup

Desain grafis dalam kehidupan kita sangatlah memiliki manfaat dan juga fungsinya. Ada dalam bidang pendidikan, bisnis, maupun bidang yang lain. Dari manfaat dan juga fungsi desain grafis yang dituliskan diatas masih banyak manfaat yang lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Intinya dalam era milenial ini, desain grafis sangat berpengaruh dan sering dilibatkan dalam bidang apapun.

Mungkin itu saya yang bisa saya sampaikan mengenai 10 manfaat dan fungsi desain grafis dalam berbagai bidang. 



Semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()