Macam Macam Desain Grafis Pada Umumnya Serta Pengertiannya

Desain grafis adalah suatu bentuk berupa gambar atau teks yang befungsi untuk menyampaikan suatu informasi atau sebuah pesan seefektif mungkin. Pada dasarnya desain grafis dibagi menjadi dua jenis, vektor dan juga bitmap. Tapi itu menurut jenis nya, bagaimana dengan macam macam desain grafis itu sendiri. Pada artikelnya yang lain sudah dijelaskan mengenai pengertian desain grafis berbasis bitmap dan juga berbasis vektor.
Macam Macam Desain Grafis Pada Umumnya Serta Pengertiannya
macam macam desain grafis
Tapi pada artikel ini akan dibahas mengenai macam macam desain grafis atau bisa dibilang juga dengan jenis jenis desain pada umumnya, dan juga akan disertai dengan pengertiannya.

Berikut penjelasannya:

Macam macam desain grafis

Apa yang kalian ketahui mengenai macam macam desain grafis ? 

Pada umumnya macam macam desain grafis hanya dibagi menjadi dua macam yakni desain grafis 2D (dua dimensi) dan desain grafis 3D (tiga dimensi). Maka dari itu untuk macam macam desain grafis pada artikel ini akan dibagi menjadi dua point tersebut. Berikut penjelasannya :

Macam macam desain grafis 2D

Desain grafis 2D (dua dimensi) adalah sebuah karya seni digital yang dimana hanya memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar. Desain macam ini tidak memiliki unsur ruang sehingga terlihat hanya flat atau datar.

Baca juga : Contoh gambar poster yang bisa menjadi inspirasi ketika membuat desain

Desain grafis 2D memiliki berbagai macam contohnya, diantaranya sebagai berikut :
  • Web Desain
Web desain merupakan salah satu kegiatan yang dimana seorang desainer untuk membuat tampilan sebuah website. Web desain termasuk dalam desain grafis 2D. Biasanya seorang web desainer bertugas yang membuat tampilan, dan juga termasuk ikon ikonnya. Biasanya membuat desain web menggunakan aplikasi corel draw, photoshop dan juga adobe dreamweaver.
  • Editor
Desain yang satu ini biasa digunakan dalam pembuatan cover, sampul, banner dan sebagainya. Selain itu biasanya juga membuat sebuah karya berupa logo, kartu nama, poster dan sebagainya. Untuk pembuatan desain yang satu ini, biasanya para desainer menggunakan aplikasi seperti corel draw, photoshop, adobe illustrator dan lain sebagainya. Pekerjaan dibidang ini biasanya sangat dibutuhkan disebuah perusahaan.
  • Layouter
Layouter dari kata layout yang berarti desain ini yang membuat sebuah layout. Mulai dari layout majalah, koran, atau buku. Desainer layout biasanya harus memiliki feel yang bagus untuk membuat tata letak sebuah halaman agar menarik dan juga mudah dipahami. Untuk membuat desain layout biasanya menggunakan aplikasi MS.Publisher, adobe indesign, adobe page maker dan aplikasi lainnya yang mendukung pembuatan layout. Tentunya desain ini sangat dibutuhkan didunia percetakan.

Baca juga : Perbedaan antara bitmap dan vektor yang wajib diketahui desainer
  • Fotografer
Yang selanjutnya yakni fotografer, desain yang satu ini biasanya digunakan untuk pengeditan sebuah foto. Desain inilah yang termasuk juga dengan desain jenis bitmap dan desain 2D. 
  • Bitmap
Desain bitmap merupakan salah satu jenis desain yang tergolong didalam desain 2D. Dengan karakteristik dan unsur desain bitmap lah yang mengolongi desain ini ke desain 2D.

Macam macam desain grafis 3D

Desain grafis 3D (tiga dimensi) merupakan sebuah perkembangan dari desain 2D.  Grafik 3D sendiri menggunakan tiga buah fase, yakni 3D modeling yang befungsi untuk mendekripsikan bentuk objek, layout, dan juga animation yang berfungsi untuk mendeskripsikan sebuah gerakan dan juga tata letak seuatu objek.

Pengertian secara umum desain grafis 3D adalah sebuah kumpulan gambar, garis, lengkungan yang sebagiannya memiliki titik-titik yang betujuan untuk menjadi sebuah bentuk 3D.

Desain grafis 3D memiliki berbagai macam, diantaranya :

  • Art Director
Desain ini biasa digunakan untuk pembuatan sebuah karya seni yang dimana pembuatannya menggunakan komputer. Biasanya jenis ini untuk digunakan di visual effect maupun sebagai hiasan saja. Software yang biasa digunakan yakni art creator, adobe photoshop. Desain yang satu ini sangatlah dibutuhkan didunia edditing effect, perfilman, dan juga seniman.
  • Drafter
Desain yang satu ini biasanya digunakan atau sering digunakan untuk membuat arsitekur atau rancangan sebuah bangunan. Desain ini sangat memerlukan ketelitian yang tinggi dan rancangan yang bagus jika ingin membuat desain jenis ini.

Baca juga : Pengertian Logo Design Menurut Para Ahli
  • Animator
Jenis desain yang satu ini juga termasuk kedalam desain 3D yakni desain animator. Desain ini biasa digunakan untuk dalam bidang motion grafis, iklan, dan juga film animasi. Untuk membuat animasi harus memilik sebuah kreatifitas yang sangat tinggi. Software yang baisa digunakan untuk membuat animasi biasanya adobe flash, after effect, 3D maya.
  • Visualisator
Macam desain lainnya yakni desain visualisator yang dimana desain ini digunakan untuk memberikan sebuah karya yang berbentuk 3D.  Untuk membuat desain ini digunakan sebuah aplikasi diantaranya 3D Max, autocad, dan digital clay. Desain yang satu ini juga termasuk desain yang sangat dibutuhkan didunia visualisasi produk atau di presentasi produk.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan aplikasi desain grafis vektor
  • Video Editor
 Video editor, mungkin kebanyakan orang berangapan video editor itu bukan termasuk sebagai desain. Tapi faktanya bahwa ketika mengolah sebuah gambar di situ terdapat gambar 2D. Biasanya mengolahnya menggunakan aplikasi seperti after effect, adobe premier pro, sony vegas.
  • Integrater Desainer
Desain yang satu ini tidak berbeda dengan video editor. Sama sama mengolah sebuah gambar tetapi ada sedikit perbedaannya.

Kesimpulan dan Penutup

Mungkin itu saja mengenai macam macam desain grafis pada umumnya dan juga pengertiannya. Dari beberapa desain tersebut banyak peluang yang bisa kita ambil dan kita jadikan pekerjaan. Tentunya gaji tidak murahan.

Semoga bermanfaat..