Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Jurnal Blog Vrontalmedia #1: 11 Bulan Perjalanan

4 min read

jurnal vrontalmedia #1 11 bulan perjalanan

Selama 11 bulan blog Vrontalmedia sudah berjalan, dan selama itu juga saya belajar banyak hal dari blog ini.

Blog ini bukan satu satunya blog, tapi saya mempunyai banyak blog, namun blog inilah yang bisa dibilang blog utama. Ada rencana ingin membuat blog lagi tapi belum tau kapan.

Saya bukanlah seorang blogger profesional, masih banyak yang lebih mahir dari pada saya.

Jika saya dibilang sudah merintis blog selama 11 bulan pun juga salah, karena 11 bulan itu perjalanan blog Vrontalmedia, bukan perjalanan ngeblog saya pribadi.

Pada artikel kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman saya, selama saya mengelola blog ini.

Bukan berarti artikel ini tidak ada manfaat nya, tapi semoga dengan pengalaman saya bisa memberikan motivasi atau hal hal lain yang dapat di ambil manfaatnya.

Awal mulai

Pada tanggal 28 Mei 2018 blog ini mulai berdiri. Pada saat itu bertepatan dibulan suci ramadhan.

Di awal mulai itu kendala yang bagi saya sedikit merepotkan adalah menemukan sebuah nama yang sekiranya cocok atau pantas untuk blog saya.

Pada akhirnya saya memerlukan berhari hari untuk mendapatkan sebuah nama/brand yang pas. 

Setelah mendapatkan nama yang pas, saya segera memeriksa apakah domain dengan brand ini masih tersedia dan belum digunakan.

Alhamdulillah ternyata belum ada yang menggunakan dan tepat pada tanggal 28 Mei 2018 saya bersama langsung membeli domain di salah satu perusahaan yang menyediakan penyewaan nama domain.

Dikarenakan pada waktu itu saya belum memiliki rekening sendiri dan kantor penyedia domain berada di kota saya.

Akhirnya saya membayar dengan cara langsung mendatangi kantor penyedia domain tersebut. 

Kurang lebih sekitar 20-25 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari rumah saya untuk menuju kantor tersebut.

Setibanya di depan kantor, saya dan teman saya langsung masuk dan bertemu dengan CS dan langsung di layani dengan baik. 

Setelah pengecekan data dan melakukan pembayaran, tidak lama kemudian saya diberikan bukti pembayaran dan domain pun sudah aktif pada hari itu juga. Itulah awal mulai saya membuat blog ini. 

Menentukan Niche

Sesuai dengan prosedur atau tips serta trik yang banyak tersebar dan juga dibagikan oleh seseorang yang bisa dikatakan lebih berpengalaman di dunia blogger.

Ketika awal membuat blog salah satu hal yang harus dipersiapkan yakni menentukan niche/topik blog itu sendiri. 

Oleh sebab itu ketika awal saya ingin membuat blog ini, saya memikirkan blog apa yang ingin saya buat, dan saya ingin membahas apa dalam blog tersebut.

Seteleh beberapa waktu saya memikirkan, akhirnya saya memutuskan untuk membahas salah satu niche yang bisa dibilang salah satu passion atau keahlian saya. Yakni niche desain grafis, maka dari itu dalam blog ini saya membahas perihal desain. 

Kenapa saya memilih desain sebagai topik yang akan saya bahas dalam blog, salah satu alasannya karena itu merupakan hobby dan juga passion saya, jadi saya bisa lebih mengerti serta bisa lebih menikmati dalam perjalanan mengembangkan blog ini. 

Rasa malas

Pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki rasa malas. Entah itu malas dalam melakukan sesuatu atau malas yang lainnya. Sama hal nya yang dirasakan setiap blogger. Pasti setiap blogger merasakan yang namanya rasa malas. Terutama malas membuat konten.

Itulah yang saya rasakan selama 11 bulan perjalanan ini. Alhasil artikel yang saya buat dalam 11 bulan hanya 30 artikel. Itu termasuk angka yang sedikit. 

Untuk mengatasi malas ini pun sampai detik ini saya belum menemukan solusi yang sangat efektif untuk diri saya sendiri. Setiap orang pun juga memiliki cara tersendiri untuk melawan rasa malas tersebut. 

Tapi, dengan dibuatnya artikel ini, saya juga mengintropeksi diri sendiri untuk kedepannya. Agara kedepannya lebih baik lagi. 

Vakum

Perlu kalian ketahui bahwasannya blog ini sudah berumur sekitar 11 bulan. Namun dalam 11 bulan itupun saya sempat vakum beberapa bulan. Dikarenakan ada beberapa kegiatan yang tidak bisa saya tinggalkan.

Dan kegiatan tersebut saling berdekatan. Jadi saya memutuskan vakum sebentar untuk membuat konten dalam blog ini. 

Selama vakum saya juga sempat memikirkan apakah saya akan lanjut meneruskan blog atau tidak.

Setelah vakum akhirnya saya meneruskan membuat konten, dan membuat sebuah komitmen untuk diri saya sendiri. Mungkin bisa saya bahas dalam artikel selanjutnya. 

Mungkin dari teman teman blogger pun juga pernah merasakan atau pernah dalam posisi vakum ngeblog.

Entah itu disebabkan apa tapi pasti setiap blogger pernah merasakannya. Dan setelah vakum ada yang kembali ngeblog ada pula yang benar benar berhenti dalam dunia blogger.

Sekali lagi kembali kepada diri masing masing. Karena setiap individu berbeda beda.

Dan selama 11 bulan ini saya juga merasakan yang namanya vakum. Dan selama saya ngeblog saya pun juga pernah vakum (sebeleum membuat blog vrontalmedia)

Kendala

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi,  setiap kita melakukan suatu hal atau lagi berusaha keras pasti ada yang namanya kendala. Sama halnya dalam mengembangkan blog ini. Berbagai kendala sudah saya rasakan. 

Mulai dari permasalah template, konten, fitur, domain dan lain sebagainya. Sebelum saya membuat blog vrontal media ini pun saya juga sudah mendapatkan berbagai kendala.

Tidak hanya sebatas hal kecil namun hal besar pun juga sudah saya  rasakan. 

Tapi tenang, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju kesuksesan. Saya pun percaya jika saya berhasil melewati satu kendala maka satu langkah sudah saya lakukan untuk menuju sukses.  

Dan perlu di ingat, semua kendala yang saya rasakan, baik itu kendala dalam blog atau apapun itu, saya jadikan sebuah pengalaman.

Agar kedepannya jika itu gara gara kesalahan saya, saya tidak akan mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya.

Maka dari itulah sebuah kendala saya jadikan pengalaman tersendiri. Dan guru terbaik yakni adalah pengalaman.

Mungkin, teman teman blogger lainnya pun juga sudah merasakan dan memiliki kendalanya masing masing.

Poin 3 dalam artikel ini pun sebenarnya juga termasuk kedalam sebuah kendala setiap blogger. Oleh sebab itu cari solusinya dari berubahlah. 

Perubahan

Dengan dibuatnya artikel jurnal blog vrontalmedia #1 ini yang berisikan 11 bulan perjalanan. Saya harap saya bisa semakin bersemangat dalam mengembangkan blog ini, dan juga membuat konten yang bermanfaat.

Saya harap kedepannya saya bisa lebih konsisten dan lebih rajin lagi dalam membuat sebuah konten. Serta saya dapat melawan rasa malas ini.

Tepat sekitar 2 hari yang lalu saya memperpanjang domain ini. Dengan memperpanjang domain itu semoga bisa menjadi sebuah percikan semangat saya buat kedepannya.

dan masih banyak perubahan yang ingin saya lakukan untuk blog ini dan juga diri saya pribadi.

Penutup

Dengan 11 bulannya perjalanan blog ini, saya selaku pemiliki blog ini mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca.

Entah dukungan dan juga bantuan apa saja yang sudah diberikan kepada saya, saya mengucapkan banyak terima kasih. 

Semoga dengan dukungan dan juga bantuan dari teman teman, saya dapat lebih rajin lagi berbagi konten yang bermanfaat dalam blog ini. 

Mungkin itu saja artikel curhatan edisi pertama mengenai 11 bulan perjalanan.

Semoga dengan artikel ini dapat mengembalikan semangat dan menghilangkan rasa malas para pembaca dan juga diri pribadi ini.

Jika ada kritik dan saran demi berkembangnya blog ini, bisa langsung komen dibawah. Atau mungkin teman teman ingin berbagi pengalaman seputar dunia blogging atau hal lain yang tentunya bermanfaat sangat saya perbolehkan.

Jurnal selanjutnya: Ganti Logo

Artikel ini dibuat pada 01-05-2019
Artikel ini diperbarui pada 01-10-2019

Vrontal Media Hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *